Kenali Berbagai Fakta tentang Cerebral Palsy

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kenali Berbagai Fakta tentang Cerebral Palsy

Halodoc, Jakarta - Cerebral palsy (CP) adalah penyakit yang menyebabkan kecacatan motorik pada anak-anak yang paling umum. Penyakit ini merupakan kelainan gerakan, tonus otot, ataupun postur yang disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada otak yang belum matang dan berkembang dan paling sering terjadi sebelum kelahiran. Anak yang mengidap penyakit ini membutuhkan dukungan untuk menjalankan hidupnya.

Berikut ini fakta yang wajib kamu tahu mengenai cerebral palsy:  

  • Meksi tergolong sebagai penyakit, tetap saja ada beberapa pihak menganggap kondisi ini bukanlah penyakit. Mereka beranggapan hal ini adalah efek dari cedera otak yang kondisi penyebabnya beraneka ragam, misalnya akibat kekurangan oksigen ke otak sebelum atau setelah kelahiran.

  • Tidak ada dua orang yang mengidap cerebral palsy dengan gejala yang sama. Keterbatasan gerak bervariasi berdasarkan lokasi cedera otak dan intensitas cedera.

Baca Juga: Faktor Penyebab Bayi Mengalami Lumpuh Otak

  • Beberapa orang bisa berjalan meski mengidap CP. Selain itu, tidak semua orang perlu menggunakan kursi roda untuk dapat bergerak. Beberapa dapat berjalan atau menggunakan tongkat, alat bantu jalan, atau tongkat.

  • Kecacatan intelektual dan cerebral palsy adalah dua jenis kecacatan yang berbeda. Kadang-kadang orang dengan cerebral palsy memiliki cacat intelektual, tetapi dalam banyak kasus, mereka memiliki IQ yang bahkan di atas rata-rata.

  • Beberapa orang dengan cerebral palsy juga mengalami kesulitan penglihatan, pendengaran dan/atau gangguan fokus. Tetapi sekali lagi, setiap orang merasakan gangguan yang berbeda.

  • Memiliki gangguan bicara adalah kondisi yang umum terjadi pada mereka. Gangguan bicara berarti mungkin sedikit perkataan mereka sulit untuk dipahami atau tidak dapat berbicara sama sekali. Untungnya, teknologi dan inovasi memberikan orang-orang dengan hambatan bicara cara untuk berkomunikasi. Kamu wajib bersabar, pahami maksudnya dan berusahalah untuk selalu mendengarkan.

Baca Juga: Awas, Inilah 4 Gangguan Bicara yang Bisa Dialami Anak

  • Cerebral palsy akan mempengaruhi cara otot bergerak dan merespons. Seperti misalnya komputer yang tidak berfungsi seperti seharusnya. Saat kamu menekan tombol kanan, tetapi kadang-kadang itu tidak merespons. Orang tersebut mungkin mengirim pesan dari otak, tetapi otot-ototnya tidak selalu mendapatkan pesan yang benar.

  • Seorang anak dengan cerebral palsy membutuhkan perhatian, kasih sayang, bimbingan, serta dukungan. Perlu diingat bahwa mereka tidak membutuhkan belas kasihan atau perlakuan istimewa hanya karena mereka memerlukan bantuan.

  • Terapi fisik, aktivitas, bicara dan olahraga akuatik baik untuk orang dengan cerebral palsy. Kegiatan tersebut membantu mereka dalam memperkuat otot dan melatihnya agar lebih terkontrol.

  • Beberapa orang yang mengidap cerebral palsy dapat mengendarai mobil. Namun, dibutuhkan adaptasi yang lebih sulit, terkadang kelenturan dan gerakan yang terjadi membuat kondisinya semakin sulit.

  • Wanita dan pria yang memiliki cerebral palsy dapat memiliki anak, dan wanita dapat memiliki kehamilan yang sehat. Cerebral palsy bukan kelainan genetik dan tidak mempengaruhi bayi yang belum lahir.

  • Cerebral palsy tidak mengancam jiwa.

  • Hingga kini belum ada obat untuk cerebral palsy, tetapi perawatan tertentu seperti obat-obatan dan operasi dapat meringankan kekakuan dan gerakan otot yang tidak disengaja.

  • Orang yang memiliki cerebral palsy adalah individu unik dengan beragam minat, kepribadian, pola pikir, dan kehidupan yang sama seperti orang pada umumnya. Mereka seperti orang lain, tetapi mungkin memiliki beberapa tantangan untuk menjalani hidup. 

Baca Juga: Cerebral Palsy, Sakit yang Pengaruhi Motorik Anak

Ingin tahu lebih dalam mengenai cerebral palsy? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah bicara dengan dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan juga tips kesehatan dan rekomendasi beli obat yang lebih aman dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!