• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Diet Sirkadian untuk Mengatasi Susah Tidur

Kenali Diet Sirkadian untuk Mengatasi Susah Tidur

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Siapa saja dapat mengalami gangguan tidur. Jangan sepelekan gangguan tidur yang kamu alami karena ternyata bisa memengaruhi kualitas hidup seseorang. Menurut jurnal dari Sleep Health, kualitas tidur yang baik di antaranya bisa tertidur dalam waktu 30 menit atau kurang, bangun tidak lebih dari sekali per malam, dan tidak mengalami kesulitan tidur.

Baca juga: Perlu Tahu, Jadwal Kerja Organ dalam Tubuh

Kebiasaan susah tidur harus segera diatasi dengan berbagai macam cara, salah satunya melakukan pola makan sehat. Diet sirkadian menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan tidur atau susah tidur yang kamu alami. Diet ini berfokus pada pengaturan jam makan. Nah, kenali lebih banyak mengenai diet sirkadian agar kualitas tidur dapat membaik. 

Kenali Ritme Sirkadian

Bukan hanya kebiasaan tidur yang telah dilakukan setiap harinya, waktu tidur yang selalu rutin dilakukan bisa terjadi akibat adanya ritme sirkadian di dalam tubuh. Irama sirkadian atau ritme sirkadian adalah istilah yang digunakan untuk mengatur kebiasaan fisiologis atau kegiatan yang dilakukan setiap hari. 

Ada beberapa faktor yang memengaruhi ritme sirkadian seseorang, seperti faktor endogen yang dipengaruhi oleh jam biologis seseorang. Ada juga faktor eksogen yang dipengaruhi oleh lingkungan yang saling berkaitan, seperti suhu, musim, hingga lama waktu siang dan malam. Kondisi ini yang menentukan siklus tidur, perubahan hormon, suhu tubuh, hingga fungsi tubuh lainnya. 

Organ tubuh memiliki ritme sirkadian yang berbeda tiap jenisnya. Sekitar jam 07.00-09.00 dipercaya menjadi jam biologis yang paling baik untuk proses kerja pada lambung. Untuk itu, kamu disarankan untuk sarapan pada jam tersebut. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur padat dan sulit dicerna pada pukul 19.00-21.00 karena proses kerja lambung melemah.

Terganggunya ritme sirkadian pada organ tubuh, salah satunya lambung mengakibatkan masalah kesehatan, seperti gangguan tidur, obesitas, depresi, hingga gangguan mood. Cara untuk menghindarinya adalah melakukan diet sirkadian agar manfaat asupan yang dikonsumsi menjadi lebih optimal.

Baca juga: Sering Begadang, Fungsi Otak Bisa Menurun

Diet Sirkadian Bantu Tidur Lebih Berkualitas

Mengonsumsi makanan mendekati waktu makan malam bisa menyebabkan kamu alami gangguan ritme sirkadian. Tidak hanya mengonsumsi makanan sehat, kamu perlu mengonsumsi makanan sesuai dengan ritme sirkadian. Metabolisme tubuh sangat berkaitan erat dengan ritme sirkadian. 

Gangguan tidur yang dialami akibat adanya gangguan pada ritme sirkadian bisa diatasi dengan melakukan diet sirkadian. Diet sirkadian dilakukan dengan mengurangi mengonsumsi makanan pada malam hari agar tubuh tidak mengalami gangguan ritme sirkadian dan beristirahat dengan optimal. 

Tidak ada salahnya mencoba melakukan diet sirkadian agar ritme sirkadian dalam tubuh tetap berjalan dengan baik dan kamu dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang dapat kamu alami. Bagaimana caranya memulai diet sirkadian?

Melansir dari laman Today, makanlah dalam porsi normal saat sarapan dan makan siang. Perbanyak konsumsi sayuran, protein, dan karbohidrat. Kamu juga bisa mengonsumsi buah sebagai makanan camilan pada sore hari. Namun, kurangi porsi pada makan malam.

Kamu bisa mengonsumsi makan malam dalam bentuk sayuran atau salad yang dikombinasikan dengan kacang-kacangan. Selain meningkatkan kualitas tidur, menjalani metode diet sirkadian menurunkan risiko diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan energi, dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Jika ada yang ditanyakan selengkapnya tentang diet sirkadian, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Gangguan Tidur Membahayakan Kesehatan

Melansir dari Cleveland Clinic, seseorang dengan ritme sirkadian yang terganggu dapat mengalami kelelahan sepanjang hari, mengantuk pada siang hari, bangun terlalu awal, dan alami kesulitan tidur. Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami gejala terkait gangguan ritme sirkadian dalam tubuh untuk mencegah gangguan kesehatan pada tubuh.

Referensi:
Forbes. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About The Circadian Rhythm Diet
Today. Diakses pada 2020. What is The Circadian Rhythm Diet? How to Eat with The Sun
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Circadian Rhythm Sleep Disorder

Sleep Health. Diakses pada 2020. Sleep Quality Recommendations