• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat dan Efek Samping dari Minyak VCO
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat dan Efek Samping dari Minyak VCO

Kenali Manfaat dan Efek Samping dari Minyak VCO

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 Desember 2022

"Virgin coconut oil termasuk lebih sehat ketimbang minyak nabati lainnya. Minyak ini diklaim mampu menjaga kesehatan jantung, menstabilkan gula darah dan menjaga kesehatan pencernaan."

Kenali Manfaat dan Efek Samping dari Minyak VCOKenali Manfaat dan Efek Samping dari Minyak VCO

Halodoc, Jakarta –Virgin coconut oil (VCO) adalah salah satu jenis minyak kelapa yang cara pembuatannya tidak dipanaskan. Untuk menghasilkan VCO, keringkan daging kelapa dan saring airnya untuk mendapatkan ekstrak minyak alami. Karena proses tersebut, minyak VCO terasa lebih pedas dan manis ketimbang jenis minyak kelapa lainnya. 

Selain punya rasa yang lebih kuat, minyak VCO diklaim lebih sehat. Menurut penelitian Harvard Medical School, minyak ini mampu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) sehingga menjaga kesehatan jantung. 

Beragam Manfaat Menggunakan Minyak VCO

Selain menjaga kesehatan jantung, kamu juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan berikut ini:

1. Menjaga Berat Badan 

Studi dari Journal Lipids menunjukkan bahwa kelapa membantu pembakaran lemak pada bagian perut sehingga mampu menjaga berat badan. VCO juga meningkatkan laju metabolisme tubuh sehingga energi terbakar lebih cepat. Efek ini tentu bermanfaat untuk seseorang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. 

2. Mencegah Alzheimer

Sebuah studi baru-baru ini menunjukan bahwa minyak kelapa meningkatkan kemampuan kognitif pasien Alzheimer. Lemak pada minyak ini kaya akan keton yang membantu meningkatkan daya ingat.

3. Mencegah infeksi jamur

Candidiasis adalah salah satu infeksi jamur yang bisa menyerang usus. Studi yang terbit dalam Journal of Medicinal Food mengungkapkan kalau minyak VCO mampu meringankan peradangan akibat infeksi jamur kandida. Manfaat ini berasal dari asam kaprat, asam kaprilat, dan asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa.

4. Menjaga kesehatan gigi

VCO juga kerap digunakan untuk mengatasi beberapa masalah gigi seperti plak dan halitosis. Selain itu, berkumur menggunakan minyak kelapa ampuh mencegah pembentukan plak akibat gingivitis alias radang gusi.

5. Memperlancar pencernaan

Asam lemak esensial dalam minyak kelapa, seperti asam laurat dan monolaurin memiliki sifat antimikroba, antibakteri, dan antivirus yang kuat. SIfat-sifat tersebut membantu mengelola berbagai bakteri, jamur, dan parasit yang menyebabkan gangguan pencernaan.

6. Meredakan stres

VCO juga kerap digunakan untuk campuran aromaterapi. Wewangian ini bisa menenangkan dan meredakan stres. Selain mencampurnya dengan aromaterapi, kamu juga bisa memijat bagian kepala dengan VCO untuk membantu meredakan stres dan kelelahan.

7. Membantu mengelola diabetes

Minyak VCO membantu menstabilkan lonjakan gula darah dan meningkatkan sekresi insulin. Senyawa di dalamnya juga mengefektifkan pemakaian glukosa darah sehingga bisa mengelola  penyakit diabetes.

8. Menunjang kesehatan tulang

Minyak kelapa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap mineral penting termasuk kalsium dan magnesium. Keduanya dibutuhkan untuk perkembangan tulang. 

Waspadai Efek Sampingnya

Meski tergolong aman dan menyehatkan, banyak orang khawatir dengan kandungan asam lemak dalam minyak VCO. Minyak ini memang memiliki segudang manfaat kesehatan sebelum mengalami proses hidrogenasi. Ketika sudah terpapar proses hidrogenasi, minyak dapat menghasilkan lemak trans yang berbahaya.

Selain itu, minyak VCO juga rentan menyebabkan diare dan berisiko menyebabkan alergi. Untuk mencegah efek ini, sebaiknya gunakan VCO dalam dosis yang sedikit terlebih dahulu. 

Jika kamu butuh vitamin dan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh, segera cek  di toko kesehatan Halodoc. Jangan tunggu anak sakit untuk minum vitamin, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Net Meds. Diakses pada 2022. Virgin Coconut Oil: Uses, Nutrition And Health Benefits.
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Evidence-Based Health Benefits of Coconut Oil.