07 September 2018

Kenali Manfaat dari 6 Susu Hewan Ini

susu hewan, manfaat susu kerbau, gizi padat untuk tumbuh kembang

Halodoc, Jakarta - Susu merupakan cairan yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, yang memiliki kandungan gizi yang padat. Ahli gizi pun menyebutkan bahwa susu merupakan makanan pertama bagi seorang anak yang mengandung nutrisi yang lengkap dan dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang.

Tahukah kamu, beberapa jenis susu yang dihasilkan oleh hewan berikut ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk tubuh?

1. Susu Sapi

Dari sekian banyak jenis susu, susu sapi mungkin yang paling familiar dan sering kita konsumsi sehari-hari, bukan? Susu ini mengandung banyak vitamin dan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, vitamin B2, potasium, zat besi, kalsium, magnesium, yodium, dan seng.

Kandungan kalsium pada susu sapi terkenal sangat penting untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak dan mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis) pada orang dewasa. Susu sapi juga mengandung zat yang dapat merangsang hormon melatonin, yaitu hormon yang dapat membuat seseorang merasa mengantuk dan membuat tidur menjadi pulas.

2. Susu Kambing

Memiliki kandungan gizi yang serupa dengan susu sapi, susu kambing ternyata telah banyak dikonsumsi masyarakat Timur Tengah sejak 1.000 tahun silam. Para ahli gizi pun menyebutkan bahwa susu kambing lebih mudah dicerna oleh tubuh dan tidak mengakibatkan peradangan. Itulah sebabnya susu ini digadang bisa menjadi solusi bagi mereka yang alergi susu sapi atau intoleransi laktosa.

Susu kambing juga memiliki asam lemak 35 persen lebih tinggi dibanding susu sapi dan mampu membantu menormalkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Kandungan kalsium dalam susu kambing juga cukup tinggi, sehingga dapat memperkuat tulang.

3. Susu Kuda

Dibanding susu sapi, susu kuda memiliki kandungan protein yang lebih sedikit, sehingga cocok dikonsumsi oleh bayi atau orang yang mengalami intoleransi laktosa. Di Indonesia, terutama di pulau Sumbawa, susu kuda cukup populer dan telah banyak dikonsumsi, karena manfaatnya yang dipercaya dapat meningkatkan imunitas dan menstimulasi pembersihan organ-organ di dalam tubuh.

Susu kuda juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, sehingga rasanya lebih gurih dibanding susu lainnya. Namun, kandungan kalorinya cenderung lebih rendah dibanding susu sapi.

4. Susu Kerbau

Di Indonesia, mengonsumsi susu kerbau sepertinya masih cukup asing, karena kerbau lebih banyak dimanfaatkan sebagai hewan pembantu dalam membajak sawah. Namun, di India susu kerbau memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan telah banyak dimanfaatkan untuk diolah menjadi keju, yoghurt, dan produk olahan susu lainnya.

Seperti susu lainnya, susu kerbau juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Tingginya kandungan protein pada susu kerbau digadang baik untuk kesehatan otot dan cocok dikonsumsi oleh segala usia. Susu kerbau juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup banyak, seperti magnesium, fosfor, potasium, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, susu kerbau juga memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Jadi, susu ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh kamu yang ingin menambah berat badan.

5. Susu Unta

Susu yang dihasilkan oleh hewan gurun pasir ini memiliki kandungan vitamin C tiga kali lebih banyak dari susu sapi. Selain itu, kandungan zat besi dalam susu ini juga cukup tinggi dibanding susu lainnya. Susu unta juga tinggi kandungan asam lemak tak jenuh, vitamin B, mineral, dan antimikroba yang tidak ditemukan dalam susu sapi.

Masyarakat Timur Tengah yang biasa mengonsumsi susu unta pun percaya bahwa susu ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, kandungan protein dalam susu unta juga terbilang cukup unik, karena tidak bisa menggumpal ketika diasamkan. Itulah alasannya susu unta tidak bisa dijadikan keju.

6. Susu Yak

Hewan yang banyak ditemukan di pegunungan Himalaya ini cukup terkenal di daerah Tibet. Karakteristik susu yak agak berbeda dengan susu lainnya, karena memiliki warna merah jambu dan aroma khas. Kandungan gizi yang ada di susu yak adalah kalsium, asam amino, dan vitamin A. Susu yak juga dipercaya dapat meningkatkan vitalitas pria.

Itulah macam-macam susu hewan dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa download aplikasi Halodoc, ya! Karena jika masih ada yang membuat kamu penasaran soal susu, kamu bisa kok tanyakan langsung pada dokter menggunakan fitur Chat atau Voice/Video call di aplikasi Halodoc.

Baca juga: