05 September 2018

Kenali Manfaat Makan Bersama Keluarga Bagi Si Kecil

Makan bersama, keluarga, makan bersama anak

Halodoc, Jakarta - Sebagai orangtua, pastinya ibu dan ayah ingin menanamkan berbagai hal baik kepada anak, sehingga memiliki karakter yang baik serta kuat. Namun, karakter bukanlah sesuatu yang sifatnya diturunkan dan diwariskan. Karakter harus ditanamkan, dibangun, dibentuk, kemudian dikembangkan secara sadar oleh manusia itu sendiri. Salah cara cara untuk menanamkan karakter pada Si Kecil sedini mungkin adalah dengan cara makan bersama. Oleh karena itu, pada akhirnya seseorang tidak memiliki kendali penuh atas karakter seperti yang dimiliki. Berangkat dari hal tersebut, pendidikan karakter sebaiknya diterapkan sejak dini di dalam berbagai sendi kehidupan, khususnya anak-anak yang tengah mengalami masa perkembangan.

Sebelumnya mungkin orangtua pernah mendengar mengenai teori tabula rasa yang menganggap anak sebagai sebuah kertas kosong yang siap dilukis dan diisi berbagai hal. Oleh karena itu, kesempatan terbaik bagi orangtua yang ingin menanamkan karakter dan kebiasaan baik adalah sewaktu mereka masih berusia dini. Sebab, saat Si Kecil masih berusia dini, ia akan mudah menyerap dan belajar berperilaku sebagaimana yang ditunjukkan dan diajarkan oleh orangtua.

Berbicara mengenai karakter dan kebiasaan, kebiasaan makan bersama Si Kecil adalah salah satu kebiasaan umum yang mungkin terkadang disepelekan oleh kebanyakan orangtua. Berangkat dari hal tersebut, kegiatan makan bersama sebenarnya bisa menjadi lahan yang bagus bagi orangtua untuk menanamkan karakter baik pada anak. Lebih lanjut mengenai hal tersebut, hal tersebut merupakan keuntungan yang bisa orangtua peroleh dari kegiatan makan bersama Si Kecil.

Manfaat Makan Bersama Keluarga bagi Si Kecil

1. Belajar untuk Fokus

Dengan membiasakan makan di meja makan secara teratur, maka kamu sudah mengajarkan Si Kecil untuk lebih fokus terhadap satu hal.

2. Menumbuhkan Kedekatan antar Anggota Keluarga

Mungkin terkadang kamu lupa untuk membangun kedekatan dan keintiman antar anggota keluarga, karena merasa sudah dekat dan tidak diperlukan pendekatan khusus. Padahal, orangtua seharusnya bisa menjadi tempat bagi anak untuk menceritakan berbagai hal yang dialami dan hal yang sedang disukai.

3. Melatih Kedisiplinan Anak

Salah satu karakter baik yang diinginkan oleh setiap orangtua tertanam pada anak adalah menjadi disiplin dan bertanggung jawab. Makan bersama dengan tertib di meja makan bisa menjadi latihan yang sangat tepat bagi anak kamu untuk menjadi pribadi disiplin dan bertanggung jawab.

4. Melatih Kesopanan

Kegiatan makan dengan teratur di meja makan bersama dengan keluarga juga bisa menjadi ajang latihan langsung bagi anak kamu untuk menjadi pribadi yang sopan. Karena, dalam kegiatan makan bersama ada tata krama yang baik, seperti mengucapkan terima kasih serta memandang orang yang sudah sepatutnya diberikan rasa hormat.

Demikian manfaat makan bersama keluarga bagi Si Kecil. Bagi orangtua yang ingin mulai mencobanya, sebaiknya segera lakukan hal tersebut karena ada begitu banyak keuntungan bagi Si Kecil. Kegiatan yang terlihat sederhana justru malah bisa menjadi ajang yang baik dan tepat untuk menanamkan berbagai nilai-nilai serta karakter yang baik bagi si kecil.

Jika Si Kecil mengalami masalah kesehatan, tidak perlu panik. Ibu dan ayah bisa tanyakan kondisi kesehatan Si Kecil pada dokter terpercaya di Halodoc. Selain itu, ibu dan ayah juga bisa membeli obat dan vitamin di Halodoc. Pesanan akan diantarkan ke tempat tujuan kurang dari satu jam. Ayo, download aplikasinya di App Store dan Google Play!

Baca juga: