27 March 2019

Kenali Operasi LASEK untuk Atasi Mata Presbiopi

Kenali Operasi LASEK untuk Atasi Mata Presbiopi

Halodoc, Jakarta - LASEK atau Laser Epithelial Keratomileusis adalah sebuah teknik sederhana yang dilakukan berdasarkan pelepasan tutup epitel dengan larutan alkohol sebelum dilakukan penerapan energi laser untuk mengembalikan fungsi kornea. Prosedur ini adalah gabungan antara PRK dan LASIK. Dengan larutan alkohol yang encer untuk mengangkat dan melonggarkan satu lapisan luar kornea. Kemudian, lipatan epitel dengan perlahan dilepaskan dan dijauhkan dari area yang terkena laser. Ketika prosedur pengobatan selesai, epitel akan dikembalikan ke tempatnya.

LASEK paling cocok untuk mengatasi masalah penglihatan yang hanya menimbulkan masalah kecil. Proses penyembuhan dari pengobatan ini mungkin akan membutuhkan waktu sekitar dua minggu. LASEK adalah inti dari perawatan prosedur PRK yang dilakukan secara tradisional. Dengan kata lain, tutup epitel diposisikan ulang di atas kornea.

Keuntungan dari LASEK adalah dapat mengurangi ketidaknyamanan pasca bedah, menyebabkan rehabilitasi visual yang lebih cepat, dan mengurangi timbulnya kabut kornea. Tipe pengobatan mata ini umumnya digunakan untuk mengatasi masalah mata, seperti astigmatisme, rabun dekat,  rabun jauh, serta presbiopi.

Baca Juga: Menyipitkan Mata saat Melihat Tanda Kena Rabun Jauh

Keunggulan Bedah Mata LASEK

Operasi LASEK mata ini mempunyai beberapa keunggulan yang mungkin tidak terdapat pada pengobatan mata lainnya, yaitu:

  • Komplikasi yang berhubungan dengan memasang kembali tutup epitel pada kornea dapat dihindari.
  • LASEK lebih jarang untuk menyebabkan mata kering dibandingkan operasi LASIK.

Operasi mata LASEK menggunakan bermacam-macam teknik yang digunakan untuk mempertahankan lapisan sel permukaan kornea yang sangat tipis. Teknik tersebut berguna untuk memulihkan kornea setelah pengobatan dengan laser dilakukan. Pada pengobatan LASIK, sel yang melindungi kornea tersebut dibuat lebih tebal untuk membuat pahatan laser.

Baca Juga: Rabun Jauh Bisa Disebabkan Keturunan dan Faktor Lingkungan

Kelemahan Operasi Mata LASEK

Walaupun mempunyai beberapa keunggulan, pengobatan ini juga mempunyai beberapa kelemahan yang dapat terjadi. Waktu pemulihan dari penglihatan seseorang yang dioperasi tersebut akan lebih lama dibandingkan dengan pengobatan mata LASIK. Kebanyakan seseorang yang dirawat dengan pengobatan ini penglihatannya tidak pulih sepenuhnya selama satu hingga dua minggu, selagi matanya mencoba menyembuhkan diri. Padahal, seseorang yang dirawat dengan LASIK dapat melihat dengan jelas sehari setelah operasi.

LASEK umumnya dapat menyebabkan lebih rasa sakit dan ketidaknyamanan dibandingkan dengan LASIK. Meski demikian, prosedur ini tidak sesakit ketika operasi PRK dilakukan. Seseorang yang melakukan pengobatan ini perlu memakai lensa kontak pelindung selama tiga hingga empat hari setelah dilakukan operasi, untuk melindungi kelopak mata ketika berkedip.

Pasien juga harus menggunakan tetes steroid topikal selama beberapa minggu lebih lama dibandingkan setelah operasi LASIK dilakukan. Pada banyak hal, LASEK sangat mirip dengan PRK, tetapi mempunyai manfaat tambahan dibandingkan dengan pengobatan PRK yang tidak terlalu pasti.

Baca Juga: Si Kecil Mengidap Astigmatisme, Ibu Harus Apa?

Orang yang Cocok untuk Pengobatan Mata LASEK

Operasi mata LASEK mungkin lebih baik dilakukan pada seseorang yang memiliki kornea yang sangat tipis. Saat operasi LASIK dilakukan, ahli bedah mengalami kesulitan ketika membuat lipatan pelindung kornea. Sebab, cedera traumatis pada mata menjadi lebih serius setelah LASIK dilakukan dibandingkan pada operasi mata LASEK.

Seseorang yang mempunyai pekerjaan yang dapat meningkatkan risiko cedera pada mata akan lebih cocok untuk melakukan pengobatan LASEK. Operasi ini juga akan lebih baik dilakukan pada seseorang yang mempunyai sindrom mata kering untuk menghindari suatu gangguan pada saraf kornea.

Itulah sedikit bahasan mengenai operasi LASEK mata. Jika kamu mempunyai masalah pada mata, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter dapat dengan mudah dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Ayo, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!