27 June 2017

Kenali Penyakit Hipertiroid dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh

Kenali Penyakit Hipertiroid dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu pernah mendengar penyakit hipertiroid atau kelenjar tiroid overaktif? Kondisi ini adalah terlalu banyaknya hormon tiroksin yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid di dalam tubuh. Kondisi ini bisa berdampak pada metabolisme tubuh. Tiroid merupakan kelenjar yang ada di bagian depan leher yang berfungsi mengontrol metabolisme dan fungsi normal tubuh, seperti mengubah makanan menjadi energi. 

Gejala yang bisa kamu rasakan ketika tubuh terkena hipertiroid yakni :

1.  Terjadinya penurunan berat badan dengan cepat

2.  Keringat berlebihan

3.  Jantung berdebar lebih kencang

4.  Merasa gelisah

5.  Suasana hati cepat berubah


Kendati demikian, hipertiroid terkadang juga tidak memberikan gejala apapun terhadap tubuh. Hipertiroid biasanya terjadi pada wanita dan bisa menyerang segala usia, termasuk anak-anak. Namun terkadang menyerang ketika memasuki usia 20 hingga 40 tahun.

Adanya percepatan metabolisme yang disebabkan hipertiroid menimbulkan berbagai gejala pada tubuh manusia. Masing-masing orang bisa mengalami tingkat keparahan, jangkauan, dan frekuensi gejala yang berbeda. Banyak sekali gejala yang mungkin muncul dan mengganggu kesehatan tubuh kamu. Tapi belum tentu kamu merasakan seluruh tanda-tanda dan beberapa gejala seperti berikut:

1.  Kelenjar tiroid yang membesar mengakibatkan adanya pembengkakan pada leher.

2.  Kulit yang hangat dan lembab

3.  Gemetaran

4.  Timbul biduran (urtikaria) atau ruam

5.  Kedutan otot

6.  Denyut jantung yang cepat atau tidak beraturan

7.  Telapak tangan berwarna kemerahan

8.  Rambut rontok

Penyakit hipertiroid tidak boleh didiamkan begitu saja, karena jika didiamkan bisa memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini 5 efek samping hipertiroid yang bisa dialami oleh pengidap penyakit hipertiroid.

Sistem Kerja Jantung Menjadi Terganggu
Salah satu efek samping hipertiroid bisa mengganggu kesehatan jantung, diantaranya detak jantung menjadi lebih cepat/abnormal, serangan jantung mendadak, gangguan irama jantung (Atrial Fibrilasi), dan gagal jantung kongesif.

Menyebabkan Tulang Menjadi Rapuh
Pengidap hipertiroid sering merasakan lelah dan tidak bertenaga. Hal ini disebabkan karena kelenjar tiroid membuat tulang rapuh (osteoporosis). Bila hormon tiroid terlalu banyak di dalam tubuh bisa membuat tubuh kesulitan memasukkan kalsium ke dalam tulang. Sehingga berakibat tulang menjadi kekurangan kalsium dan membuatnya rapuh. 

Gangguan Penglihatan
Gangguan penglihatan ini disebabkan oleh penyakit Graves. Dengan menunjukkan gejala seperti  pandangan kabur dan ketidaknyamanan yang ditandai dengan bola mata yang terlihat menonjol keluar, mata menjadi merah dan mengalami pembengkakan, dan lebih peka terhadap cahaya.

Keguguran dan Ekslampsia
Wanita yang sedang hamil dan memiliki riwayat penyakit Graves atau mengidap hipertiroid memiliki risiko mengalami komplikasi seperti keguguran, kelahiran prematur, bayi dengan berat badan rendah, dan eklampsia (kejang-kejang pada masa kehamilan).

Berdampak pada Kesehatan Kulit
Salah satu gejala yang dialami pengidap hipertiroid adalah telapak tangan yang sering berkeringat. Hal ini dapat membuat kulit tampak merah hingga bengkak. Tetapi terasa panas walaupun kondisi kulit lembab dan basah.


Dengan mengetahui pengertian hipertiroid  beserta efek samping yang dapat ditimbulkannya, kamu pun bisa mengantisipasi datangnya penyakit tesebut sejak dini. Selain itu, diskusikan lebih lanjut apapun tentang hipertiroid dan penyakit lainnya padaaplikasi Halodoc. Halodoc akan menghubungkan kamu dengan ribuan dokter spesialis terbaik dan terpercaya yang siap menjawab segala keluhan kesehatan kamu. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!