Kenali Penyebab Infeksi Saluran Pernapasan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Kenali Penyebab Infeksi Saluran Pernapasan

Halodoc, Jakarta - Infeksi saluran pernapasan adalah gangguan yang menyerang saluran napas manusia akibat bakteri atau virus. Berdasarkan letaknya, terdapat dua jenis penyakit ini, yaitu infeksi saluran pernapasan atas dan bawah.

Beberapa penyakit yang termasuk dalam infeksi saluran pernapasan atas adalah pilek, sinusitis, tonsillitis, dan laringitis. Sementara infeksi saluran pernapasan bawah antara lain bronkitis, bronkiolitis, dan pneumonia.

Infeksi saluran pernapasan adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Meski demikian, kondisi ini lebih rentan dialami anak-anak karena sistem pertahanan tubuh mereka terhadap virus penyebab infeksi pernapasan belum terbentuk.

Baca Juga: Ini 7 Orang yang Berpotensi Terkena ISPA

Kenali Penyebab Infeksi Pernapasan

Beberapa jenis virus atau bakteri yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas, mulai dari influenza dan parainfluenza, rhinoviruses, Epstein-Barr virus (EBV), Respiratory syncytial virus (RSV), Streptococcus grup A, pertussis, serta diphtheria.

Sementara beberapa jenis virus atau bakteri yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan bawah, di antaranya adalah influenza A, Human metapneumovirus (hMPV), Respiratory syncytial virus (RSV), Varicella-zoster virus (VZV), H. influenzae, Streptococcus pneumoniae, Klebsiella pneumoniae, Staphylococcus aureus, Enterobacteriaceae, dan bakteri anaerob.

Penyakit ini bisa menular pada orang yang sehat akibat menghirup percikan air liur yang mengandung virus atau bakteri yang dikeluarkan oleh pengidap penyakit ini saat ia batuk atau bersin.

Selain dari kontak langsung, penularan bisa terjadi dengan diperantarai oleh benda yang terpapar virus atau bakteri dari pengidap infeksi saluran pernapasan.

Baca Juga: Alasan Anak Lebih Rentan Kena Infeksi Saluran Pernapasan

Cara Mendiagnosis dan Pengobatannya

Sebenarnya kamu tidak harus menemui dokter untuk infeksi saluran pernapasan dengan gejala yang ringan. Namun, gejala yang parah atau berlangsung lebih dari seminggu memerlukan tes untuk memeriksa radang tenggorokan atau infeksi sinus yang terjadi.

Pengidap penyakit ini meredakan gejala infeksi saluran pernapasan dengan cara mandi air hangat, minum air hangat, berkumur dengan air garam, mengompres wajah dengan air hangat, menghindari udara dingin, banyak minum air, dan beristirahat.

Dalam hal obat-obatan untuk mengurangi gejala, pengidap dapat mengonsumsi obat yang dijual bebas di pasaran untuk meredakan gejala infeksi saluran pernapasan, misalnya parasetamol untuk demam, atau obat batuk pilek lainnya. Jika infeksi saluran pernapasan disebabkan oleh bakteri, maka dokter meresepkan antibiotik.

Cara Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan

Karena penyebab infeksi pernapasan adalah virus dan bakteri, maka terdapat cara yang dilakukan untuk mengurangi risiko terkena infeksi saluran pernapasan, yaitu:

  • Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Berhenti merokok dan menghindari asap rokok.
  • Mengurangi tingkat stres.
  • Menghindari kontak langsung dengan penderita infeksi.
  • Mencuci tangan setelah melakukan kegiatan.
  • Selalu menutup mulut dan hidung setiap bersin atau batuk.
  • Menjaga kebersihan diri dan barang-barang di sekitar.

Baca Juga: Ketahui Penanganan Infeksi Saluran Pernapasan Atas pada Anak

Kini kamu bisa berdiskusi langsung dengan dokter ahli mengenai masalah kesehatan pernapasan melalui aplikasi Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli kapan saja dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store, sekarang!