20 September 2018

Penting untuk Kesehatan, Inilah Cara Mencuci Tangan yang Benar

cara mencuci tangan yang benar

Halodoc, Jakarta – Mencuci tangan adalah kegiatan yang tampaknya sepele, tetapi sebenarnya sangat penting untuk dilakukan. Kamu dianjurkan untuk membiasakan diri mencuci tangan, enggak hanya sebelum dan setelah makan, tetapi kapanpun tangan sudah kotor dan perlu dibersihkan. Misalnya, sehabis bermain dengan hewan peliharaan, setelah menggunakan toilet, memegang tanah, dan sebagainya. Cuci tangan juga sebaiknya jangan dilakukan secara asal saja. Bersihkan tangan dengan air dan sabun dengan cara yang benar agar kotoran dan kuman benar-benar hilang.

Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun

Tahukah kamu bahwa kuman penyakit paling sering masuk ke dalam tubuh melalui tangan? Itulah mengapa, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sudah sejak lama menganjurkan agar kita rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Karena mencuci tangan adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari berbagai bakteri dan kuman yang bisa menimbulkan penyakit.

Pentingnya mencuci tangan dengan sabun ini juga turut disadari oleh PBB, hingga organisasi Internasional tersebut mencanangkan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) atau Global Handwashing Day yang diadakan setiap tanggal 15 Oktober. Hal ini bertujuan untuk menggalakkan gerakan mencuci tangan dengan sabun kepada masyarakat. Dengan cara tersebut, diharapkan tingkat kematian balita dan jumlah masyarakat yang terkena penyakit infeksi bisa berkurang.

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Namun ternyata, mencuci tangan dengan sabun saja tidak cukup, lho. Berikut cara mencuci tangan yang benar yang perlu kamu ketahui:

  1. Di bawah air yang mengalir, basahi kedua tanganmu dari telapak tangan sampai pertengahan lengan.
  2. Tuangkan sabun secukupnya dan oleskan ke kedua tanganmu hingga menutupi seluruh permukaan tangan.
  3. Gosok kedua telapak dan punggung tanganmu secara bergantian.
  4. Jangan lupa gosok juga jari-jari tangan dan sela-sela jari sampai bersih.
  5. Bersihkan juga ujung jari kamu secara bergantian dengan cara mengatupkannya.
  6. Bersihkan kedua ibu jari tangan secara bergantian dengan cara menggenggam dan memutar ibu jari secara bergantian.
  7. Letakkan ujung jari-jari kamu ke telapak tangan, kemudian gosok secara perlahan. Lakukan juga hal yang sama dengan tangan yang satunya lagi.
  8. Setelah itu, bilas kedua tangan dengan air yang mengalir.
  9. Keringkan kedua tangan dengan menggunakan handuk atau tisu kering yang bersih.
  10. Gunakan handuk atau tisu tersebut untuk menutup keran air. Selesai deh.

Cucilah tangan minimal selama 20 detik agar tangan benar-benar bersih.

Cara Memilih Sabun Cuci Tangan yang Baik

Kamu bisa menggunakan jenis sabun apa saja untuk mencuci tangan, mulai dari sabun mandi, sabun biasa, sabun antiseptik, sampai sabun khusus cuci tangan yang biasanya berbentuk cair. Namun, sabun anti-bakteri dan sabun antiseptik lah yang paling sering digunakan untuk mencuci tangan karena kandungannya ampuh membunuh kuman dan bakteri yang ada di tangan. Intinya, kamu perlu menggunakan air mengalir dan sabun untuk mencuci tangan agar kuman dapat dibasmi dengan baik.

Bila tidak ada air dan sabun, kamu disarankan untuk membersihkan tangan dengan tisu antibakteri. Meskipun tidak seefektif mencuci tangan dengan sabun, tetapi tisu anti-bakteri dipercaya mampu mengurangi jumlah bakteri yang ada di tangan kamu. Sekarang juga sudah ada cairan pembersih tangan berbahan alkohol yang juga baik untuk membersihkan tangan.

Nah, setelah mengetahui pentingnya mencuci tangan dengan benar, kamu diharapkan dapat mempraktikkan cara mencuci tangan yang baik dan benar seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jadikan cuci tangan sebagai kebiasaan yang kamu lakukan sehari-hari agar kamu dapat terhindar dari kuman penyakit yang selalu mengintai.

Kalau sakit dan butuh saran dokter, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: