• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Prosedur dan Manfaat Pemeriksaan Anti TPO
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Prosedur dan Manfaat Pemeriksaan Anti TPO

Kenali Prosedur dan Manfaat Pemeriksaan Anti TPO

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 Agustus 2022

“Pemeriksaan anti TPO dilakukan untuk membantu mendeteksi antibodi terhadap tiroid peroksida, yang menyebabkan disfungsi tiroid. Sebab, ada sejumlah antibodi tiroid yang menyebabkan penyakit tiroid yang dapat ditemukan dengan pemeriksaan anti TPO.”

Kenali Prosedur dan Manfaat Pemeriksaan Anti TPOKenali Prosedur dan Manfaat Pemeriksaan Anti TPO

Halodoc, Jakarta – Tiroid peroksidase atau TPO adalah enzim yang diproduksi di kelenjar tiroid, yaitu kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu yang terletak di atas tulang selangka. Enzim tersebut berfungsi mengontrol produksi hormon tiroid (T3 dan T4), yang berperan utama dalam berbagai fungsi metabolisme dalam tubuh.

Sementara itu, pemeriksaan anti TPO dilakukan untuk membantu mendeteksi antibodi terhadap toroid peroksida, yang menyebabkan disfungsi atau masalah tiroid. Misalnya saja hipotiroidisme atau kekurangan hormon tiroid. 

Pemeriksaan anti TPO sangat sensitif dalam mengidentifikasi autoimun yang disebabkan gangguan tiroid. Selain itu, pemeriksaan ini dapat membantu mendeteksi berbagai penyakit, seperti tiroiditis Hashimoto, miksedema idiopatik, dan penyakit graves.

Prosedur Pemeriksaan Anti TPO

Pemeriksaan anti TPO dapat dilakukan dengan tes tiroid lainnya. Maka itu, dokter mungkin akan memintamu untuk berhenti minum obat yang dapat memengaruhi kadar tiroid. Termasuk obat pengganti tiroid, steroid, obat jantung tertentu, dan lainnya.

Selanjutnya, dokter akan memberi petunjuk khusus untuk melakukan tes darah ini. Kamu mungkin diminta untuk tidak makan dan minum selama beberapa jam sebelum darah diambil.

Di hari pemeriksaan,  petugas lab akan memasang pita elastis di sekitar lengan, untuk membatasi aliran darah sejenak untuk menemukan vena. Setelah itu, ia akan mensterilkan area tersebut dengan kapas alkohol, sebelum memasukan jarum ke lengan untuk mengambil darah.

Biasanya pemeriksaan ini hanya berlangsung beberapa menit. Setelah pemeriksaan selesai, dokter akan memberitahu tindak lanjut tertentu jika diperlukan. Jika tidak ada arahan tindak lanjut dari dokter, maka kamu bisa kembali ke aktivitas normal. Sementara itu hasil tes akan keluar dalam beberapa hari setelah pemeriksaan.

Manfaat Pemeriksaan Anti TPO

Pemeriksaan anti TPO digunakan untuk mendeteksi penyakit tiroid autoimun, seperti tiroiditis Hashimoto dan penyakit graves. Ada sejumlah antibodi tiroid yang menyebabkan penyakit tiroid, yang dapat ditemukan dengan pemeriksaan anti TPO.

Selain itu, pemeriksaan anti TPO dapat membantu membedakan gangguan tiroid autoimun dari yang non-autoimun, yang dapat memengaruhi pilihan pengobatan. 

Perlu diketahui, antibodi anti TPO terdapat dalam darah sebanyak 90 persen pada pengidap tiroiditis Hashimoto, dan 60 hingga 80 persen pada pengidap dengan penyakit graves.

Tiroiditis Hashimoto adalah penyebab paling umum kondisi hipotiroidisme. Hal ini disebabkan oleh serangan pada kelenjar tiroid oleh sistem kekebalan tubuh.  

Sementara itu penyebab pasti kondisi ini belum diketahui, tapi ada dugaan bahwa faktor genetik turut berperan. Kondisi ini juga tujuh kali lebih mungkin terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Perlu dipahami juga bahwa penyakit graves adalah penyebab paling umum untuk hipertiroidisme. Kondisi ini mirip dengan tiroiditis Hashimoto, karena penyakit graves juga disebabkan oleh serangan pada kelenjar tiroid oleh sistem imun tubuh. Penyakit graves juga lebih umum dialami wanita dibandingkan pria.

Waspadai juga, bahwa pada orang dengan kadar hormon tiroid yang normal, tapi memiliki kadar antibodi anti TPO yang tinggi dalam darah, dapat menjadi tanda peningkatan risiko mengembangan masalah tiroid di kemudian hari. 

Singkatnya, pemeriksaan anti TPO dalam darah bermanfaat untuk:

  • Mendeteksi tiroiditis Hashimoto.
  • Mendeteksi penyakit graves.
  • Menentukan penyebab masalah tiroid.
  • Menilai risiko berkembangnya masalah tiroid pada tubuh.

Itulah yang perlu diketahui tentang prosedur dan manfaat pemeriksaan anti TPO. Jika kamu memiliki kondisi yang berkaitan dengan tiroid, tidak ada salahnya untuk mendapatkan pemeriksaan anti TPO. 

Kamu dapat membuat janji medis dengan dokter di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. What is a thyroid peroxidase antibody test? Does it diagnose thyroid disease?
WebMD. Diakses pada 2022. What Are Antithyroid Antibodies?
Melio Health. Diakses pada 2022. Anti-thyroid Peroxidase (TPO)
Very Well Health. Diakses pada 2022. What Is a Thyroid Peroxidase Antibody Test?