Amnesia

Pengertian Amnesia

Amnesia adalah kondisi di mana seseorang tidak dapat mengingat informasi, pengalaman atau kejadian tertentu. Kondisi seperti ini bisa terjadi secara tiba-tiba akibat trauma. Pada satu kasus, Amnesia dapat disembuhkan atau bahkan semakin parah secara perlahan. Orang yang mengidap Amnesia juga bisa mengalami kesulitan dalam mempelajari informasi baru atau membuat ingatan baru.

Amnesia bisa dikategorikan dalam dua jenis yaitu:

  • Amnesia anterograde. Amnesia jenis ini terjadi jika pengidap mengalami kesulitan mengingat hal yang terjadi setelah periode tertentu. Orang yang terkena Amnesia ini hanya bisa mengingat hal yang terjadi dalam jangka pendek.
  • Amnesia retrograde. Amnesia jenis ini terjadi jika pengidapnya tidak bisa mengingat informasi atau kejadian yang terjadi sebelum periode tertentu. Biasanya terjadi sebelum tanggal menjalani operasi besar atau mengalami kecelakaan.

Gejala Amnesia

Karena disebabkan oleh trauma, gejala pasti dari seorang yang terkena amnesia adalah melupakan sebagian atau keseluruhan memori, dalam jangka pendek atau bisa juga jangka panjang. 

Penyebab Amnesia

Amnesia dipengaruhi oleh banyak kondisi yang menyebabkan gangguan kinerja otak. Akibatnya orang tidak dapat mengingat informasi maupun kejadian tertentu. Beberapa yang bisa menyebabkan Amnesia adalah cedera pada kepala (kecelakaan), stroke, peradangan otak, alzheimer, tumor otak, ketergantungan alkohol jangka panjang, dan trauma psikologis.

Amnesai dan demensia adalah penyakit yang berbeda. Demensia adalah gejala yang berhubungan dengan penurunan kinerja otak. Salah satu gejalanya adalah hilang ingatan. Namun begitu, amnesia dan demensia bukanlah hal yang sama. Amnesia terhadi karena adanya trauma jadi mengalami hilang ingatan bukan berarti seseorang juga mengalami demensia.

Pengobatan Amnesia

Bagi seseorang yang terkena amnesia, penting untuk mendapat dukungan moril agar ingata dapat segera kembali. Dalam kasus tertentu, amnesia dapat sembuh dengan sendirinya atau bisa juga diberikan terapi khusus.

Pencegahan Amnesia

Amnesia disebabkan oleh trauma akibat kecelakaan, benturan, tekanan emosional dan peradangan otak, hingga tumor otak. Oleh karena itu, sangat penting untuk berhati-hati dalam berkendara utnuk menghindari benturan kepala. Dan periksakan kondisi tubuh untuk mengetahui kemungkinan penyakit tertentu yang mengganggu kinerja otak.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika mengalami tanda dan gejala di atas, segera berbicara dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan mendapat penanganan yang tepat.