• Home
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Cek Cystatin C

Cek Cystatin C

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cek Cystatin C

Apa Itu Cek Cystatin C?

Pemeriksaan Cystatin C dilakukan untuk menemukan laju filtrasi glomerulus (GFR) yang dapat menentukan seberapa baik ginjal bekerja. Cystatin C adalah protein yang diproduksi oleh sel-sel dalam tubuh. 

Ketika ginjal bekerja dengan baik, ginjal dapat menjaga tingkat Cystatin C dalam darah secara tepat. Jika tingkat Cystatin C dalam darah terlalu tinggi, itu mungkin berarti ginjalmu tidak berfungsi dengan baik.

Karena itu, GFR menjadi tolak ukur untuk mengetahui seberapa baik ginjalmu bekerja. Ginjal memiliki fungsi yang teramat penting. Ginjal berfungsi menyaring limbah dan air ekstra dari tubuh, sehingga membantu memproduksi sel darah merah sehat serta menjaga tulang tetap kuat. Jika angka GFR rendah, ginjal bisa jadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

Baca juga: Hipertensi Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Kronis

 

Mengapa Melakukan Cek Cystatin C?

Untuk menilai fungsi ginjal serta mengetahui sejak dini apakah seseorang punya kemungkinan penyakit ginjal atau tidak. Cek Cystatin C dinilai merupakan pemeriksaan yang paling bisa menjelaskan fungsi ginjal secara keseluruhan ketimbang tes-tes sejenisnya. 

Walaupun begitu, selain melakukan cek Cystatin C, juga disarankan untuk menjalani tes urine sederhana yang disebut ACR. Tes ini diperlukan untuk mengetahui kadar protein dalam urine. 

Tubuh membutuhkan protein, tetapi harus dalam darah, bukan urine. Memiliki sedikit protein dalam urine bisa jadi adalah tanda kalau ginjal tidak menyaring darah dengan cukup baik. Ini bisa menjadi pertanda dini penyakit ginjal.

Kadar Cystatin C dapat dipengaruhi oleh indeks massa tubuh, kondisi hipertiroidisme, penggunaan steroid, penyakit ganas, HIV/AIDS, penyakit rematik, dan kondisi metabolisme tertentu seperti hiperhomosisteinemia (peningkatan homosistein). Dan untuk pasien dengan transplantasi ginjal kadar Cystatin C kadarnya berfluktuasi. 

 

Kapan Harus Melakukan Cek Cystatin C?

Pengecekan Cystatin C dilakukan ketika seseorang diduga memiliki penyakit yang diketahui atau diduga dapat memengaruhi fungsi ginjal dan mengurangi tingkat di mana ginjal menyaring kotoran dari darah dan laju filtrasi glomerulus (GFR).

Baca juga: Ini Penyebab Tekanan Darah Bisa Naik Drastis

Cek Cystatin C juga disarankan dilakukan ketika tes lain seperti kreatinin tidak menunjukkan hasil yang memuaskan ataupun menjelaskan. Kemudian, buat lansia atau bayi yang sakit, disarankan juga untuk melakukan tes ini. 

 

Bagaimana Melakukan Cek Cystatin C?

Melakukan tes darah sederhana untuk Cystatin C adalah langkah pertama dalam memeriksa GFR. Kreatinin adalah produk limbah yang dibuat oleh otot-otot tubuh. Ginjal biasanya menjaga tingkat kreatinin tepat. Tingkat kreatinin dalam darah sesuai usia, ras, dan jenis kelamin digunakan untuk kadar GFR.

Tingkat cystatin C yang tinggi dalam darah berhubungan dengan penurunan laju filtrasi glomerulus (GFR) dan disfungsi ginjal. Ini karena Cystatin C diproduksi di seluruh tubuh pada tingkat yang konstan dan dikeluarkan dan dipecah oleh ginjal, Cystatin C harus tetap pada tingkat yang stabil dalam darah jika ginjal bekerja secara efisien dan GFR normal.

Studi terbaru menunjukkan bahwa peningkatan kadar Cystatin C juga dapat menunjukkan peningkatan risiko penyakit jantung, gagal jantung, dan kematian.

 

Di mana Melakukan Cek Cystatin C?

Untuk melakukan cek Cystatin C bisa di laboratorium ataupun di rumah sakit yang direkomendasikan oleh profesional medis. Mengukur kadar darah dari protein Cystatin C dapat membantu mengidentifikasi seseorang dengan penyakit ginjal kronis.

Jika seseorang mengalami kelebihan berat badan, berusia lanjut, ataupun memiliki banyak otot direkomendasikan untuk melakukan tes ini. Tetap terhidrasi dengan minum banyak cairan dapat membantu ginjal berfungsi dengan baik. Demikian juga dengan menerapkan pola diet seimbang, seperti makan buah, sayuran, dan biji-bijian.

Referensi:
Lab Test Online. Diakses pada 2020. Cystatin C.
National Kidney Foundation. Diakses pada 2020. Cystatin C.
NHS.UK. Diakses pada 2020. Keeping your kidneys healthy.