• Home
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Cek Gula Darah (HbA1c)

Cek Gula Darah (HbA1c)

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Apa Itu Cek Gula Darah (HbA1c)?

Cek gula darah HbA1c atau hemoglobin A1c berbeda dengan tes gula darah puasa. Cek gula darah puasa menunjukkan kadar gula darah sesaat atau saat itu. Ceknya terukur dalam darah setelah puasa delapan jam. Sementara itu, cek gula darah HbA1c menunjukkan kadar gula darah rata-rata dalam 2–3 bulan. 

Durasi ini sesuai dengan siklus hidup sel darah merah, yaitu tiga bulan. Dengan kata lain, pemeriksaan HbA1C ini lebih akurat untuk menggambarkan kadar gula darah dalam waktu yang cukup lama. 

Cek HbA1c ini akan mengukur tingkat HbA1c (hemoglobin A1c) dalam darah. HbA1c atau hemoglobin terglikasi merupakan hemoglobin yang berkaitan dengan glukosa darah.

Di dalam tubuh, glukosa secara alami akan mengikat dengan hemoglobin yang berada di dalam sel darah merah. Hemoglobin sendiri merupakan protein yang mengandung zat besi di dalam sel darah merah yang tugasnya mengangkut oksigen. 

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2


Kenapa Melakukan Cek Gula Darah (HbA1c)?

Cek gula darah HbA1c amat direkomendasikan bagi mereka yang mengidap diabetes. Tujuannya jelas, untuk memantau kadar glukosa darah dalam tubuh. Selain pengidap diabetes, seseorang yang berisiko atau dicurigai mengidap diabetes atau yang sebelumnya didiagnosis prediabetes, juga perlu menjalani tes ini. 

Seseorang dianjurkan melakukan tes HbA1c bila mengalami gejala-gejala diabetes, seperti: 

  • Mudah merasa haus padahal sudah minum. 
  • Peningkatan frekuensi buang air kecil, bahan hingga mengganggu tidur. 
  • Mudah merasa lelah.
  • Penglihatan mulai kabur

Selain itu, pemeriksaan gula darah HbA1c juga dianjurkan bagi mereka yang memiliki risiko mengidap diabetes. Misalnya: 

  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Riwayat penyakit jantung.
  • Ketidakaktifan fisik atau jarang berolahraga.

Baca juga: Menurunkan Berat Badan, Cara Efektif Mengontrol Diabetes?

 

Kapan Harus Melakukan Cek Gula Darah (HbA1c)?

Pada dasarnya, tiap orang yang mengidap diabetes wajib melakukan pemeriksaan hemoglobin terglikosilasi. Pemeriksaan ini direkomendasikan tiga bulan sekali atau paling tidak setahun sekali. 

Tes HbA1c juga dapat digunakan untuk memeriksa kondisi prediabetes pada orang dewasa. Prediabetes berarti kadar gula darah yang menunjukkan risiko terkena diabetes. Tes HbA1c ini dapat membantu pengidap diabetes dan prediabetes untuk memantau kondisi dan kadar glukosa tubuhnya. 

Selain itu, seseorang yang merasakan gejala diabetes juga bisa segera melakukan pemeriksaan ini. Diskusikan dengan dokter kapan waktu terbaik untuk menjalani tes ini. Selain itu, diskusikan dengan dokter mengenai pemeriksaan apa saja yang diperlukan untuk memantau kondisi diabetes atau prediabetes. 

 

Bagaimana Melakukan Cek Gula Darah (HbA1c)?

Prosedur pemeriksaan gula darah HbA1c bisa dibilang hampir sama dengan prosedur tes darah pada umumnya. Di sini dokter atau tenaga medis kana mengambil darah dengan menusuk jarum pada pembuluh darah di lengan. 

Baca juga: Diabetes Tipe 2: Inilah 4 Camilan yang Mesti Dihindari Pengidapnya

Setelah darah diambil, sampel darah selanjutnya akan diuji di laboratorium. Umumnya, hasil pemeriksaan HbA1c ini bisa dilihat dalam beberapa hari. Mintalah bantuan dokter atau tenaga medis untuk menafsirkan hasil tersebut. 

Hasil pemeriksaan HbA1c akan tertulis dalam persentase, seperti: 

  • Normal: jumlah HbA1c di bawah 5,7 persen.
  • Prediabetes: jumlah HbA1c antara 5,76,4 persen.
  • Diabetes: jumlah HbA1c mencapai 6,5 persen atau lebih.

Hal yang perlu ditegaskan, semakin tinggi jumlah HbA1c, maka semakin banyak hemoglobin yang berkaitan dengan glukosa. Kondisi inilah yang bisa menandakan bahwa kadar gula darah tinggi dalam darah. Ingat, bila kadar HbA1c lebih dari 8 persen, ada kemungkinan tubuh mengalami diabetes yang tidak terkontrol. Jangan main-main dengan kondisi ini, karena bisa memicu berbagai komplikasi. 

Setelah hasil pemeriksaan ini keluar, mintalah saran medis dari dokter untuk mengatur gula darah atau pola hidup yang tepat untuk mengelola kondisi diabetes atau prediabetes. 

 

Di mana Melakukan Cek Gula Darah (HbA1c)?

Pemeriksaan gula darah HbA1c bisa dilakukan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya melalui aplikasi Halodoc. Pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter atau tenaga medis lainnya yang telah berpengalaman. 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Hemoglobin A1c (HbA1c) Test for Diabetes.
National Institutes of Health - Medline Plus. Diakses pada 2020. Hemoglobin A1C (HbA1c) Test.