• Home
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Cek Pra Nikah

Cek Pra Nikah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
cek-pra-nikah

Apa itu Cek Pra Nikah?

Cek pra nikah adalah rangkaian tes pemeriksaan yang dilakukan pasangan sebelum menikah. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi penyakit yang berisiko menular ke diri sendiri atau pasangan dan keturunan di masa depan. Pasangan yang akan menikah sangat disarankan untuk melakukan cek pra nikah. Tujuannya untuk mendeteksi gangguan kesehatan yang berpotensi membahayakan pasangan atau keturunan di kemudian hari. 

Melalui cek pra nikah, kamu dan pasangan bisa mengetahui risiko penyakit-penyakit  berbahaya, seperti penyakit darah genetik atau penyakit infeksi. Dengan melakukan pemeriksaan ini, calon mempelai bisa semakin mantap, lebih terbuka, dan lebih yakin satu sama lain mengenai riwayat kesehatan keduanya.

Bagaimana Melakukan Cek Pra Nikah?

Calon pengantin akan menjalani beragam pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kondisi masing-masing. Berikut ini adalah tes yang dilakukan sebagai tahapan cek pra nikah, seperti:

  • Pemeriksaan fisik lengkap

Salah satu pemeriksaan umum dari cek pra nikah adalah pemeriksaan fisik secara lengkap. Status kesehatan kamu dan pasangan dapat dilihat lewat tekanan darah, pemeriksaan urine dan pemeriksaan darah. Melalui pemeriksaan tekanan darah, dokter dapat mengidentifikasi penyakit tekanan darah tinggi yang bisa membahayakan janin. 

Sedangkan untuk pemeriksaan urine, dokter dapat mengidentifikasi infeksi saluran kemih sampai kelainan ginjal. Sementara untuk tes darah, dokter dapat mengidentifikasi jenis golongan darah kamu dan pasangan serta penyakit kronis seperti diabetes.

  • Pemeriksaan penyakit hereditas

Penyakit hereditas adalah jenis penyakit yang bisa diturunkan orang tua ke anaknya. Contoh penyakit hereditas adalah thalassemia, hemofilia, alergi dan lain-lain. Biasanya, penyakit-penyakit hereditas ini bisa dideteksi melalui pemeriksaan darah. 

  • Pemeriksaan penyakit menular

Pemeriksaan lain saat menjalani cek pra nikah adalah pemeriksaan penyakit menular, seperti hepatitis B, hepatitis C, dan HIV atau AIDS. Pemeriksaan sangat penting dilakukan, mengingat penyakit-penyakit menular tersebut berbahaya dan bisa menular ke diri sendiri, pasangan dan keturunan di masa depan.

  • Pemeriksaan organ reproduksi

Bagi pasangan yang ingin segera mendapat keturunan, pemeriksaan organ reproduksi penting dilakukan. Pemeriksaan ini berhubungan dengan kesuburan serta dan reproduksi untuk pria maupun wanita. Melalui pemeriksaan ini kamu dan pasangan bisa mengetahui kesuburan dan kesehatan organ reproduksi diri masing-masing.

  • Pemeriksaan alergi

Jenis pemeriksaan yang satu ini kerap diabaikan dan dianggap sepele. Padahal, alergi  yang tidak disadari dari awal dan tidak ditangani dengan tepat berisiko fatal. Beberapa jenis alergi bahkan bisa diturunkan, sehingga kamu perlu melakukan pemeriksaan ini saat cek pra nikah.

Untuk Apa Dilakukan?

Cek pra nikah sendiri bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan pasangan yang akan menikah. Melalui pemeriksaan-pemeriksaan tertentu, kamu dan pasangan bisa mengetahui potensi penyakit berbahaya yang bisa menular ke pasangan, atau bahkan yang bisa diturunkan ke keturunan di masa depan. 

Pemeriksaan ini bisa memakan banyak biaya atau tidak, tergantung dari tes apa saja yang diambil. Namun, jika dilihat dari sisi manfaatnya, tes ini akan sangat bermanfaat bagi calon pasangan yang akan menikah. Pada tes kesehatan tersebut pun, peserta akan lebih terbuka dalam menyikapi penyakit yang diidap pasangannya.

Kapan Harus Melakukannya?

Rekomendasi terbaik untuk melakukan cek pra nikah, setidaknya tiga hingga enam bulan sebelum menikah. Jika hasil tes menunjukan tidak ada masalah, perencanaan untuk mempunyai anak akan lebih mudah di kemudian hari. 

Di Mana Melakukan Cek Pra Nikah?

Cek pra nikah dapat dilakukan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Rangkaian pemeriksaan tersebut bersifat umum, sehingga kebanyakan rumah sakit menyediakan layanan tersebut. Pilihlah rumah sakit yang terbaik menurut, supaya tidak terjadi salah diagnosis karena dapat berbahaya di masa depan. 

Apabila kamu atau pasanganmu mengalami suatu penyakit, lakukanlah pemeriksaan lanjutan agar penyakit tersebut tidak berkembang. Dengan begitu, hal-hal yang tidak diinginkan pun bisa dihindari.

Bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai cek pra nikah dan kondisi kesehatan lainnya, bisa tanya dokter melalui aplikasi halodoc. Yuk , download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Kementerian Kesehatan. Diakses pada 2022. Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Pra Nikah.
Ministry of Health Saudi Arabia. Diakses pada 2022. Premarital Screening.
Pacific Prime Thailand. Diakses pada 2022. Premarital checkup: What it is and why it matters.
Diperbarui pada 21 Februari 2022