Clubfoot

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Clubfoot

Clubfoot adalah suatu penyakit atau kecacatan bawaan dari kaki yang penyebabnya tidak diketahui secara pasti.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Clubfoot

Penyebab dari clubfoot adalah kelainan genetik yang menyebabkan kekakuan otot dan tendon bagian dalam kaki sehingga tendon menjadi pendek dan menarik kaki ke arah dalam. 

 

Gejala Clubfoot

Clubfoot menyebabkan kaki terputar begitu parah sehingga terlihat seperti terbalik. Selain itu, gejala lainnya adalah otot betis yang terasa lebih lemah, punggung kaki bengkok ke bawah, dan biasanya kaki clubfoot lebih pendek dari kaki yang satunya.

 

Diagnosis Clubfoot

Diagnosa pada clubfoot perlu dilakukan pemeriksaan fisis untuk memastikan, kemudian disertai dengan pemeriksaan radiologi seperti x-ray untuk menegakkan diagnosis.

 

Pengobatan Clubfoot

Waktu terbaik atau periode emas pemakaian gips pada metode ini adalah 1-2 minggu pertama pasca kelahiran, yang dikerjakan oleh dokter spesialis orthopedi. Penanganan terbaik pada saat ini adalah tata laksana nonoperatif secara bertahap dengan metode Ponseti. 

 

Pencegahan Clubfoot

Pencegahan pada clubfoot ini sulit untuk dilakukan  karena faktor genetik sangat dominan sehingga biasanya deteksi dini dan peran aktif orangtua diperlukan karena clubfoot  dapat diikuti dengan cacat bawaan di tempat lain. Jika dideteksi lebih awal, penanganan dapat dilakukan saat periode emas (1-2 minggu setelah lahir), dengan harapan angka kesembuhan lebih optimal.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika terdapat gejala tersebut maka segera periksakan diri ke dokter. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.