Dermatographia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Dermatographia

Dermatographia atau juga dikenal dengan istilah skin writing, merupakan kondisi bila seseorang menggores kulitnya secara halus. Goresan tersebut akan berubah menjadi kemerahan disertai dengan biduran yang timbul menyerupai bentuk goresan. Tanda tersebut umumnya hilang dalam waktu sekitar 30 menit.

 

Gejala Dermatographia

Ketika tergores, kulit pengidap dermatographia akan mengalami pembengkakan berbentuk garis seperti biduran yang terkadang bisa terasa gatal. Suhu tertentu juga berpotensi memperparah kondisi ini, misalnya udara dingin atau panas. Begitu juga dengan udara kering atau air yang terlalu panas. Gejala tersebut umumnya akan hilang setelah 30 menit tanpa penanganan khusus. Namun, apabila tidak kunjung sembuh atau bertambah parah, dianjurkan untuk menemui dokter.

 

Penyebab Dermatographia

Dermatographia, atau juga dikenal dengan istilah skin writing, merupakan kondisi di mana bila seseorang menggores kulitnya secara halus. Goresan tersebut akan berubah menjadi kemerahan disertai dengan biduran yang timbul menyerupai bentuk goresan. Tanda tersebut umumnya hilang dalam waktu sekitar 30 menit.

 

Faktor Risiko Dermatographia

Beberapa faktor risiko yang diduga berkaitan dengan dermatographia. Risiko terjadinya kondisi ini dapat meningkat pada individu meliputi:

  • Memiliki kulit kering;
  • Memiliki riwayat dermatitis (peradangan kulit) sebelumnya;
  • Berada dalam kelompok usia dewasa muda;
  • Sering mengalami goresan pada kulit;
  • Memiliki penyakit tiroid tertentu; dan
  • Memiliki kelainan saraf atau penyakit lain yang menyebabkan kulit menjadi gatal

 

Diagnosis Dermatographia

Dermatographia umumnya didiagnosis dengan wawancara medis, pemeriksaan fisik, serta tes kulit. Dokter dapat menggunakan alat yang diletakkan dan diseret pada kulit untuk melihat adanya reaksi yang terjadi. Pada dermatographia, reaksi yang terjadi dapat berupa garis merah disertai biduran yang dapat timbul dalam beberapa menit.

 

Pengobatan Dermatographia

Dermatographia termasuk kondisi yang tidak bisa disembuhkan. Tujuan pengobatannya adalah untuk meringankan gejala yang dialami pengidap. Jika setelah beberapa waktu pembengkakan pada kulit tidak hilang dengan sendirinya, dokter akan memberikan obat antihistamin, seperti diphenhydramine, fexofenadine, atau cetirizine. Antihistamin bekerja dengan cara menghambat produksi histamin di dalam tubuh. Obat ini juga bisa mengurangi rasa gatal pada biduran.

 

Pencegahan Dermatographia

Walaupun dermatographia dapat menyebabkan ketidaknyamanan, reaksi negatif yang timbul akibat kondisi ini dapat dicegah. Beberapa perubahan gaya hidup dan tindakan preventif yang dapat dilakukan adalah:

  • Menghindari pakaian atau seprai yang menimbulkan rasa gatal. Bahan seperti wol dan bahan sintetik dapat menyebabkan iritasi pada kulit sebagian orang.
  • Menggunakan sabun tanpa bahan kimia tertentu yang dapat menyebabkan kulit menjadi gatal.
  • Mandi menggunakan air hangat.
  • Menggunakan pelembab kulit setiap hari.
  • Menangani stres, dengan cara berolahraga rutin, memastikan jam tidur cukup, dan melakukan rekreasi.
  • Menghindari menggaruk kulit berlebihan, yang dapat memperparah kondisi dermatographia.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika keluarga atau kerabat mengalami satupun tanda atau gejala yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan apapun, diskusikanlah dengan dokter. Bila kamu ingin melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit terdekat dengan domisilimu di sini.