Gigi Bungsu

Pengertian Gigi Bungsu

Gigi bungsu merupakan gigi geraham ketiga atau gigi geraham terakhir yang tumbuh di pengujung usia belasan tahun atau di awal usia dua puluh tahunan. Gigi bungsu yang tumbuh ini biasanya menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Rasa nyeri muncul apabila tidak ada ruang tersisa pada gusi yang bisa ditempati gigi bungsu. Pada usia yang sudah terbilang dewasa, ke-28 gigi manusia telah berderet rapi memenuhi gusi. Gigi bungsu akan terhimpit, muncul sebagian saja, atau tumbuh di bagian  sudut gusi.

Gejala Gigi Bungsu

Rasa sakit atau nyeri karena gigi bungsu yang tumbuh tidak sempurna.

Penyebab Gigi Bungsu

Selain rasa sakit atau nyeri, gigi bungsu yang tumbuh tidak sempurna juga bisa menyebabkan penimbunan plak yang berasal dari bakteri atau makanan yang terselip di sisi-sisi gigi bungsu. Jika dibiarkan, penimbunan plak ini seiring waktu berpotensi mengarah pada risiko penyakit gusi, pembusukan gigi, perikoronitis (infeksi pada jaringan lunak di sekitar gigi), abses gigi, dan selulitis (infeksi lapisan dalam yang menyerang tenggorokan, lidah, serta pipi). Selain itu, meski jarang sekali terjadi, penimbunan plak berisiko menyebabkan kista pada gusi dan bahkan tumor.

Pengobatan Gigi Bungsu

Pasien yang menjalani prosedur pencabutan gigi bungsu butuh waktu dua minggu untuk pulih sepenuhnya. Selama proses itu, ada ada efek samping seperti nyeri, mati rasa atau sensasi geli pada lidah, bibir, dan wajah, kulit sekitar rahang tampak memar, dan rahang terasa kaku. Efek samping lainnya adalah pembengkakan pada pipi dan wajah.

Prosedur pencabutan gigi bungsu juga berisiko menimbulkan komplikasi seperti pendarahan, infeksi, cedera saraf, dan gangguan pembekuan darah di dalam soket gigi. Meski komplikasi jenis ini jarang terjadi.

Pencegahan Gigi Bungsu

Lakukan pemeriksaan gigi rutin setidaknya 6 bulan sekali untuk mengetahui ada atau tidaknya gigi bungsu yang tumbuh.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika kamu atau anggota keluarga memiliki tanda dan gejala di atas, segeralah berbicara dengan dokter guna mendapat penanganan yang tepat.