Heloma

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Heloma

Heloma atau yang lebih dikenal sebagai mata ikan adalah lapisan kulit yang menebal. Heloma terbentuk saat kulit sering berada di bawah tekanan atau gesekan. Heloma sebenarnya bukan penyakit, melainkan cara tubuh untuk mencoba melindungi diri dari kerusakan yang lebih lanjut. Heloma atau mata ikan paling sering muncul di kaki atau tangan dan dapat menyebabkan rasa sakit, walaupun ukurannya kecil.

Heloma sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu heloma durum (mata ikan yang keras), dan heloma molle (mata ikan yang lembut). Heloma durum paling sering muncul di telapak kaki, lebih tepatnya di sisi kaki atau di ujung kaki. Penyebabnya adalah ukuran sepatu yang tidak tepat. Heloma molle juga disebabkan oleh penyebab yang sama dengan heloma durum. Bedanya heloma molle biasanya muncul di telapak kaki, di antara jari kaki keempat dan kelima.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Apa Beda Kapalan dan Mata Ikan?

 

Faktor Risiko Heloma

Ada banyak faktor risiko untuk heloma, yaitu:

  • Bunion, benjolan pada sendi jempol kaki pengidap.

  • Hammer toe, kelainan yang menyebabkan jari-jari kaki bengkok.

  • Kelainan bentuk kaki dapat menyebabkan taji tulang.

  • Menggunakan alat atau instrumen tanpa pelindung tangan.

  • Menggunakan sepatu yang tidak pas.

 

Penyebab Heloma

Heloma terjadi karena terjadinya gesekan secara berulang-ulang pada area tertentu di tubuh. Faktor eksternal yang juga turut berperan menjadi penyebab mata ikan adalah jenis sepatu atau alas kaki yang digunakan. Lokasi paling umum yang menjadi tempat terbentuknya mata ikan adalah pada telapak kaki, khususnya daerah yang terkena gesekan.

 

Gejala Heloma

Heloma menimbulkan kelainan pada kulit, yaitu penebalan, pengerasan, serta penonjolan pada kulit. Kulit juga dapat menjadi bersisik, kering, atau berminyak. Mata ikan dapat terasa nyeri, terutama bila ditekan. Hal yang membedakan heloma dengan kapalan adalah timbulnya peradangan dan rasa nyeri pada area yang terkena heloma.

Baca juga: Ini 4 Tanda Kaki Terkena Mata Ikan

 

Diagnosis Heloma

Untuk mendiagnosis heloma, cukup dengan melakukan pemeriksaan fisik saja. Heloma biasanya terlihat seperti luka berbentuk bulat atau lonjong dengan penebalan kulit. Dokter juga akan memeriksa apakah heloma disebabkan oleh gangguan lain seperti kutil atau kista. Pada beberapa kasus, pemeriksaan X-ray juga diperlukan untuk membantu dokter menentukan penyebab heloma.

 

Pengobatan Heloma

Jika penebalan kulit terdiagnosis sebagai heloma, maka ada beberapa langkah pengobatan yang umumnya akan diberikan pada pengidap. Beberapa langkah pengobatan umum untuk mata ikan, meliputi:

  • Tindakan menipiskan lapisan kulit yang menebal dengan pisau. Prosedur yang dilakukan oleh dokter ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri, serta membentuk ulang kulit yang sudah menebal karena gesekan berlebihan.

  • Obat-obatan penghilang mata ikan dan kapalan. Beberapa obat-obatan yang mengandung asam salisilat bisa membantu mengatasi heloma dengan cara melunakkan dan mengangkat kulit yang mati. Obat-obatan tersebut sudah dijual bebas dalam bentuk pil, krim, atau gel. Namun, perlu diingat, orang dengan penyakit arteri perifer, diabetes, dan neuropati perifer, sebaiknya menghindari pemakaian asam salisilat, karena malah akan merusak kulit atau bahkan saraf.

  • Menggunakan bantalan sepatu yang disesuaikan dengan bentuk kaki pengidap.

  • Dokter juga bisa merekomendasikan operasi untuk memperbaiki posisi tulang yang mengakibatkan terjadinya gesekan. Meski begitu, tindakan ini jarang dilakukan.

 

Pencegahan Heloma

Untuk mencegah heloma terjadi, sebaiknya kenakan sepatu yang sesuai ukuran kaki, sehingga gesekan kaki bisa diminimalisir. Kamu bisa membeli sepatu di saat siang hari ketika kaki sedang berada dalam ukuran terlebar. Selain itu, jangan lupa gunakan pelembap pada daerah kulit yang kering. Kamu juga dianjurkan untuk mengenakan sarung tangan atau kaus kaki agar bagian tubuh tersebut bisa terhindar dari gesekan.

Baca juga: Berisiko Menyerang Telapak Kaki, Begini Cara Mencegah Mata Ikan

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika kamu atau keluarga mengalami gejala heloma seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera diskusikan dengan dokter. Apabila kamu mengidap diabetes dan mata ikan, sebaiknya juga segera menghubungi dokter untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Referensi:
My Toe Hurts. Diakses pada 2019. Heloma Molle, Heloma Durum - Soft and Hard Corns
One Point Health. Diakses pada 2019. Corns (Heloma Durum, Molle and Milliare)

Diperbarui pada 9 September 2019