Mata Ikan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Mata Ikan

Mata ikan (clavus)  merupakan hiperplasia epidermis yang terjadi akibat pertumbuhan epitel berupa benjolan keras pada permukaan kulit terutama seperti kaki dan tangan.

 

Gejala Mata Ikan

Gejala yang umumnya ditimbulkan dari kondisi mata ikan adalah rasa tidak nyaman pada kaki atau tangan, timbul benjolan kecil dan keras yang terasa nyeri saat beraktivitas. Hal yang terkadang luput dari perhatian adalah adanya luka/ borok yang bisa berakibat serius.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Mata Ikan

Penyebab mata ikan adalah HPV, sering menggunakan sepatu yang tidak sesuai ukuran atau terlalu sempit, terjadi pergesekan atau penekanan secara terus menerus dan berlebihan antara telapak kaki dan alas kaki juga menjadi salah satu faktor risiko mata ikan.

 

Diagnosis Mata Ikan

Diagnosis kondisi mata ikan biasanya ditegakkan berdasarkan pemeriksaan fisik.

 

Pencegahan Mata Ikan

Cara untuk mencegah agar terhindar dari mata ikan adalah menggunakan alas kaki yang lembut dan nyaman. Pada daerah tangan dapat menggunakan sarung tangan kain pelindung.

 

Penanganan Mata Ikan

Bila tidak mengganggu biarkan saja, bila mengganggu pengobatannya adalah operasi. Clavus hanya akan tumbuh kembali bila faktor tekanannya tidak dihilangkan. Sebenarnya pengangkatan clavus dengan operasi kecil merupakan cara tepat.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika mata ikan mulai meradang dan mengganggu aktivitas, serta pada orang diabetes dapat menimbulkan ulkus/borok. Untuk melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat appointment dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu di sini.