Kanker Kolorektal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Kanker Kolorektal

Kanker kolorektal adalah penyakit keganasan pada kolon dan atau rektum.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Kolorektal

Sampai saat ini penyebab pasti dari karsinoma kolorektal belum jelas diketahui.  Adapun faktor risiko lainnya yang menyebabkan karsinoma kolorektal ini antara lain inflammatory bowel disease (IBS), riwayat personal atau keluarga yang pernah mengidap kanker kolorektal atau polip kolorektal.

Sindrom genetik seperti familial adenomatous polyposis (FAP) atau hereditary nonpolyposis colorectal cancer syndrome, faktor makanan, dan gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menyebabkan penyakit ini. 

 

Gejala Kanker Kolorektal

Gejala dari kanker kolon bervariasi dan tidak spesifik. Keluhan utama pasien dengan kanker kolorektal berkaitan dengan besar dan lokasi dari tumornya. Tumor yang berada pada kolon kanan, di mana isi kolon berupa cairan, cenderung tetap tersamar hingga lanjut sekali.

Sedikit kecenderungan menyebabkan obstruksi karena lumen usus lebih besar dan feses masih encer. Gejala klinis sering berupa rasa penuh, nyeri abdomen, perdarahan dan simptomatik anemia (menyebabkan kelemahan, pusing dan penurunan berat badan).

 

Diagnosis Kanker Kolorektal

Untuk menegakkan diagnosis kanker kolorektal dilakukan secara bertahap, antara lain melalui anamnesis yang tepat, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan laboratorium, baik dari laboratorium klinik maupun laboratorium patologi anatomi.

Selanjutnya pemeriksaan penunjang berupa pencitraan seperti foto polos atau dengan kontras (barium enema), kolonoskopi, CT Scan, MRI, dan transrectal ultrasound juga diperlukan dalam menegakkan diagnosis penyakit ini.

 

Pengobatan Kanker Kolorektal

Pengobatan kanker kolorektal dimulai dari pembedahan, kemudian disertai dengan radioterapi dan kemoterapi adjuvant.

 

Pencegahan Kanker Kolorektal

Pencegahan yang dilakukan secara khusus belum ditemukan, namun menjaga pola makan yang baik dapat mengurangi resiko terkena kanker kolorektal. 

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika terdapat gejala-gejala seperti yang diungkapkan di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih tepat. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.