Kanker Lidah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Kanker Lidah

Kanker lidah merupakan keganasan jenis karsinoma yang mengenai lidah dan hampir 95% berupa karsinoma sel skuamosa.

 

Gejala Kanker Lidah

Pada umumnya pengidap karsinoma lidah memberikan keluhan disfagi, odinofagi, disartria, nyeri yang menjalar ke telinga ipsilateral dan kadang-kadang trismus.

Pada tahap awal kanker lidah dapat berbentuk leukoplakia, eritroplakia, penebalan atau bentuk ulkus lidah dan mudah metastasis ke kelenjar getah bening regional.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Lidah

Penyebab kanker lidah sama dengan penyebab kanker pada umumnya, yaitu mutasi genetic. Mutasi gen menyebabkan hiperaktif onkogen, gangguan proliferasi, penolakan G-S, G-M dan M pada siklus sel, mencegah apoptosis dan gangguan kelangsungan hidup sel.

Faktor risiko terhadap timbulnya kanker lidah adalah penggunaan tembakau dan alkohol dalam jangka waktu lama. Faktor lainnya adalah infeksi virus papiloma dan faktor gigi serta mulut.

 

Diagnosis Kanker Lidah

Diagnosis biasanya ditegakkan berdasarkan pemeriksaan fisik, dan terutama dengan pemeriksaan bimanual serta diperlukan pemeriksaan penunjang seperti CT Scan atau MRI. Diagnosis pasti adalah berdasarkan pemeriksaan histopatologi.

 

Penanganan Kanker Lidah

Penatalaksanaan karsinoma lidah meliputi pembedahan, radioterapi, kemoterapi dan kombinasi.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika terdapat luka pada lidah yang tidak kunjung sembuh, nyeri, dan semakin parah, serta terdapat keluhan menelan dan berbicara, segeralah periksakan diri ke dokter. Untuk melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit dekat domisili kamu di sini.