Kekurangan Yodium

ARTIKEL TERKAIT

Pengertian Kekurangan Yodium

Yodium merupakan komponen penting dari bagian hormon tiroid yakni  tiroksin (T4) dan triiodothyronine (T3) dan harus tersedia dalam makanan. Yodium dalam makanan terdapat pada ikan, telur, kacang-kacangan, daging, roti, produk susu, rumput laut, juga garam meja beryodium. Asupan yodium yang tidak memadai menyebabkan produksi hormon tiroid yang tidak cukup sehingga mengakibatkan gejala kekurangan yodium yang berasal dari kekurangan hormon tiroid.

Gejala Kekurangan Yodium

  • Kekurangan yodium dapat mengakibatkan pembengkakan kelenjar tiroid di leher.
  • Rendahnya tingkat hormon tiroid (hipotiroidisme) dengan gejala seperti kelelahan, sensitif pada dingin, sembelit, kulit kering, penambahan berat badan, kelemahan otot, peningkatan kadar kolesterol darah, nyeri atau kekakuan pada otot dan persendian, memperlambat denyut jantung, gangguan haid.
  • Pada bayi, kekurangan hormon tiroid cenderung menyebabkan gejala seperti sering tersedak, lidah besar, wajah bengkak, sembelit, tonus atau kontraksi otot yang buruk.
  • Pada anak-anak dan remaja, kondisi ini dapat menyebabkan pertumbuhan yang terganggu, perkembangan gigi terganggu,  pubertas tertunda perkembangan mental yang buruk, kesulitan belajar, cacat mental (terutama pada anak-anak).
  • Ketika tidak diobati, kekurangan yodium dapat menyebabkan hipotiroidisme berat. Komplikasi mungkin termasuk: penyakit jantung dan gangguan terkait, seperti jantung yang membesar dan gagal jantung, masalah kesehatan mental seperti depresi dan gangguan kognitif, kerusakan saraf tepi tubuh,  kemandulan pada wanita.
  • Jumlah hormon tiroid yang rendah pada wanita hamil dapat meningkatkan risiko anak mereka cacat lahir, keguguran, kelahiran mati, kelahiran prematur, kelainan kongenital pada bayi baru lahir
  • Dalam kasus yang parah, kekurangan yodium dapat menyebabkan kondisi yang disebut kretinisme yakni gejala pertumbuhan fisik dan mental yang sangat terhambat akibat kekurangan hormon tiroid.

Penyebab Kekurangan Yodium

Konsumsi makanan yang kurang beryodium menjadi penyebab utama adanya penyakit akibat kekurangan yodium.

Faktor Risiko Kekurangan Yodium

Ada sejumlah faktor risiko kekurangan yodium termasuk kekurangan yodium dari makanan, defisiensi selenium, kehamilan dan paparan radiasi, terlalu banyak memakan makanan goitrogenic (bahan yang mengganggu ambilan yodium di kelenjar tiroid seperti kol, brokoli), merokok, alkohol, kontrasepsi oral dan usia.

Diagnosis Kekurangan Yodium

Dokter akan melakukan beberapa tahap pemeriksaan untuk mendiagnosis kekurangan yodium diantaranya:

  • Pemeriksaan fisik, terutama untuk melihat pembesaran kelenjar tiroid yang dapat diperiksa dari melihat dan meraba kelenjar tiroid di leher.
  • Pemeriksaan kadar hormon tiroid melalui pengambilan sampel darah.
  • Pemeriksaan kadar yodium pada urin.
  • Pemeriksaan menggunakan radioaktif.

Pengobatan dan Efek Samping Kekurangan Yodium

Kebanyakan orang dengan kekurangan yodium diberi pengobatan  dengan mengubah diet dan menambah suplementasi yodium. Orang dengan kekurangan yodium yang parah seperti pada kondisi miksedema (tubuh membengkak) membutuhkan rawat inap. Di rumah sakit, dokter akan memberikan cairan intravena dan perawatan penstabil lainnya juga memberikan tambahan hormon tiroid.

Pada kondisi kelenjar tiroid yang membesar karena kekurangan yodium (gondok) dapat dilakukan pengangkatan kelenjar tiroid (tiroidektomi) dan pemberian hormon tiroid pengganti setelah prosedur tiroidektomi. Prosedur pembedahan ini terutama pada gondok yang sangat besar hingga menimbulkan gejala seperti suara parau, sulit menelan.

Pencegahan Kekurangan Yodium

Kekurangan yodium dapat dicegah dengan mendapatkan asupan yodium yang cukup dengan memakan makanan sehat bergizi seimbang. Kekurangan yodium di suatu daerah dapat dicegah dengan cara menambahkan yodium ke dalam makanan dan minuman seperti pada garam meja dan minyak

Kapan Harus ke Dokter?

Jika mengalami gejala kekurangan yodium seperti adanya benjolan di leher dan gejala kekurangan tiroid lainnya membutuhkan evaluasi dari dokter untuk memastikan apakah penyebab berasal dari kekurangan yodium atau karena penyebab lainnya.