Lupus Nefritis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Lupus Nefritis

Nefritis lupus (NL) adalah salah satu manifestasi yang serius dari lupus eritematosus sistemik (LES), yang biasa ditemukan pada 90% pengidap LES. 

 

Gejala Lupus Nefritis

Gejala dari NL yaitu hipertensi, gagal ginjal, dan proteinuria. Gejala awal yang muncul mulai dari asimtomatis atau proteinuria atau hematuria ringan sampai dengan gambaran klinis yang berat yaitu sindrom nefrotik atau glomerulonefritis yang disertai penurunan fungsi ginjal yang progresif.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Lupus Nefritis

Penyebab lupus nefritis sebagian besar akibat adanya suatu vaskulitis yang terjadi oleh karena pembentukan dan pengendapan kompleks antigen-antibodi. 

 

Diagnosis Lupus Nefritis

Selain dari gejala, diagnosis ditegakkan melalui pemeriksaan fungsi ginjal diperlukan untuk mendeteksi penyakit secara dini karena dengan diagnosis dini dan terapi yang tepat memberikan hasil yang lebih baik. Pemeriksaan biopsi ginjal dianjurkan untuk setiap pasien LES terutama yang memperlihatkan gejala nefritis atau pemeriksaan fungsi ginjal yang mengarah ke nefritis.

 

Pencegahan Lupus Nefritis

Pencegahan spesifik belum ditetapkan, namun jika didiagnosis dengan lupus, maka sebaiknya lakukanlah pemeriksaan fungsi ginjal serta kontrol secara rutin. 

 

Penanganan Lupus Nefritis

Penanganan dengan penggunaan terapi imunosupresi dan terapi suportif dapat meningkatkan fungsi ginjal dan angka harapan hidup pasien.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika terdapat gejala seperti di atas terutama urine yang berwarna merah, segeralah periksakan diri ke dokter. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.