Melanoma

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Melanoma

Melanoma adalah salah satu jenis kanker kulit yang berasal dari sel melanosit, sel penghasil melanin yang biasanya terdapat pada kulit.

 

Gejala Melanoma

Melanoma dapat dimulai terlihat dari perubahan dalam ukuran, bentuk atau warna dari tahi lalat atau bintik kulit yang ada. Proses ini bisa berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Melanoma biasanya memiliki bentuk yang tidak teratur, berantakan, dan warna yang tidak merata. Melanoma muncul ke atas permukaan kulit dan tampak seperti kotoran biasa. Melanoma bisa tumbuh dengan cepat dan menimbulkan lesi di sekitarnya.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Melanoma

Penyebab melanoma belum diketahui pasti, namun penyakit ini rentan menyerang wanita maupun pria usia 30-60 tahun. Namun beberapa faktor yang berperan, yaitu :

  1. Faktor genetik : adanya keluarga primer yang terkena melanoma meningkatkan riisko terkena melanoma hingga 200 kali lipat.
  2. Melanocytic nevi.
  3. Faktor lingkungan (UV).
  4. Faktor trauma biologis yang berkepanjangan.

 

Diagnosis Melanoma

Selain dari anamnesis dan pemeriksaan fisik, diagnosis ditegakkan dengan hasil biopsi. Tindakan medis ini bersifat cepat dan sederhana serta dapat dilakukan dengan anestesi lokal.

 

Pencegahan Melanoma

Sebagai cara pencegahan dari melanoma, kamu bisa menggunakan tabir surya dengan faktor pelindung matahari SPF15+ dan PA++ pada semua bagian kulit yang tidak tertutup pakaian, termasuk bibir. Oleskan tabir surya 30 menit sebelum keluar dari ruangan dan gunakan kembali setiap 2 hingga 3 jam. SPF15 menyerap 93% radiasi UV, sedangkan SPF30 menyerap 97% radiasi UV.

 

Penanganan Melanoma

Pengobatan melanoma bisa bervariasi, tergantung pada ukuran, jenis, lokasi, dan stadium melanoma. Mulai dari pembedahan, kemoterapi, teknik fotodinamik, dan radioterapi.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika ada lesi pada kulit yang tidak kunjung sembuh, yang tidak teratur, berantakan, dan warna yang tidak merata, segeralah periksakan diri ke dokter spesialis kulit. Untuk melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu di sini.