Menu Sehat

Menu sehat merupakan menu yang terdiri atas makanan yang kaya akan gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh. Makanan bergizi yaitu makanan yang cukup memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin yang dipadukan secara seimbang sesuai dengan kebutuhan. Menu sehat bukan berarti makanan lezat, enak, dan mewah, karena banyak makanan seperti itu yang justru tidak menyehatkan dan memicu penyakit. 

Agar proses metabolisme tubuh berjalan maksimal, kamu diharuskan untuk mengonsumsi makanan bergizi. Jenis makanan yang bisa menjadi menu sehat sehari-hari adalah makanan yang termasuk dalam kategori empat sehat lima sempurna yang terdiri dari nasi, sayuran, lauk, buah, dan susu. Komposisi menu ini tergolong seimbang mengandung nutrisi baik untuk tubuh.

Manfaat Menu Sehat

Sumber energi, yaitu zat di dalam makanan yang dapat menghasilkan energi untuk dapat melakukan segala aktivitas. Zat makanan yang berperan aktif menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh adalah karbohidrat dan juga lemak. 

Pembangun tubuh, yaitu zat di dalam makanan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pengganti sel-sel tubuh yang rusak. Zat makanan yang berperan aktif adalah protein dan mineral.

Pelindung tubuh, yaitu zat di dalam makanan yang menjaga keseimbangan (homeostasis) metabolisme tubuh, seperti mengatur kerja hormon, tulang, jantung, dan syaraf. Zat makanan yang berperan aktif adalah protein, vitamin, mineral, dan air.

4 Sehat 5 Sempurna

Menu sehat adalah makanan sehat yang bersifat makanan pokok ini biasanya adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, maka tubuh akan mendapatkan sumber tenaga dari makanan pokok ini. Biasanya makanan yang mengandung karbohidrat adalah misalkan nasi, sagu, jagung, singkong dan roti.

Komposisi menu 4 sehat 5 sempurna adalah:

 

  • Lauk Pauk

 

Protein bisa didapat apabila rutin mengkonsumsi lauk seperti misalkan saja ikan, daging, tahu , tempe, telur dan lainnya. Satu lagi manfaat dari lauk pauk adalah dapat memperbaiki dan mengganti sel yang telah rusak.

 

  • Buah-Buahan

 

Memang dianjurkan untuk mengkonsumsi buah setiap harinya oleh pakar kesehatan. Karena dengan mengkonsumsi buah segar setiap harinya akan mendapatkan manfaat yang positif. Contoh buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi adalah jeruk, mangga, pisang dan pepaya.

 

  • Sayuran

 

Agar tidak mudah terserang penyakit dan kebal terhadap penyakit, ada baiknya kamu rajin mengkonsumsi sayuran. Karena di dalam sayur mayur yang dikonsumsi tersebut terdapat vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Contoh sayur mayur yang bisa kamu konsumsi adalah kangkung, bayam, wortel dan masih banyak sayuran yang lainnya.

 

  • Susu

 

Makanan atau minuman sehat yang terakhir adalah susu. Minuman sehat susu ini adalah merupakan sebuah pola makan tambahan dari ke 4 makanan sehat di atas. Dengan mengkonsumsi susu maka lengkap sudah kebutuhan makanan sehat kamu, yang di sebut dengan 4 sehat 5 sempurna.

Menu Sehat untuk yang Sedang Diet:

  • Buah-buahan

Daripada membatasi asupan karbohidrat, sebaiknya kamu membatasi asupan makanan manis seperti permen, kue, cokelat, dan minuman ringan dengan tambahan gula. Untuk mendapatkan asupan gula bagi kebutuhan tubuh kamu, sebaiknya kamu mengonsumsi buah-buahan yang memang memiliki manis alami. Selain sehat, dengan mengonsumsi buah-buahan kamu bisa memperbaiki pencernaan kamu.

Mengonsumsi buah-buahan saat diet karbo juga dianjurkan karena manfaat serat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh kamu. Namun, hindari buah-buahan seperti durian dan alpukat, karena buah tersebut mengandung lemak yang cukup tinggi di dalamnya.

  • Sayur-sayuran

Sayuran hijau memang sangat baik untuk dikonsumsi saat kamu menjalankan diet karbo, karena sayuran hijau mengandung mineral dan juga serat. Semua jenis sayuran sebenarnya boleh dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalankan diet karbo. Namun perlu kamu perhatikan saat menjalankan diet karbo, sebaiknya hindari pengolahan sayur menggunakan santan, karena santan mengandung banyak minyak dan juga lemak.

  • Konnyaku

Konnyaku adalah salah satu makanan khas Jepang yang memiliki tekstur seperti agar-agar. Konnyaku juga merupakan salah satu makanan yang rendah kalori dan kaya akan serat, sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan dan membantu kamu menurunkan berat badan.

  • Shirataki

Selain konyaku, ada juga makanan Jepang lainnya yang sangat cocok kamu konsumsi saat kamu menjalani diet karbohidrat. Shirataki adalah mi yang terbuat dari ubi konjac dan shirataki. Shirataki ini merupakan makanan yang rendah karbohidrat, bebas gluten, dan juga rendah kalori. Shirataki mengandung 97 persen air dalam satu kemasannya dan dalam 112 gram mengandung 20 kalori dan 2 gram serat.