ODD

Pengertian ODD

ODD (Oppositional Defiant Disorder) adalah kondisi ketika seorang anak menampilkan pola yang terus-menerus dari suasana hati yang marah atau mudah tersinggung, perilaku menantang atau argumentatif, dan balas dendam terhadap orang-orang yang berkuasa.

Perilaku anak sering mengganggu aktivitas sehari-hari anak yang normal, termasuk aktivitas dalam keluarga dan di sekolah. Banyak anak-anak dan remaja dengan ODD memiliki masalah perilaku lainnya, seperti gangguan perhatian defisit, ketidakmampuan belajar, gangguan mood (seperti depresi), dan gangguan kecemasan. Beberapa anak dengan ODD terus mengembangkan gangguan perilaku yang lebih serius yang disebut gangguan perilaku.

 

Penyebab dan Faktor Risiko ODD

Tidak diketahui penyebab yang jelas dari gangguan pemberontak oposisi. Penyebab kontribusi dapat berupa kombinasi faktor warisan dan lingkungan, termasuk genetika,

Lingkungan, seperti masalah pengasuhan yang mungkin melibatkan kurangnya pengawasan, disiplin yang tidak konsisten atau keras, atau pelecehan atau penelantaran.

Faktor risiko yang mungkin untuk ODD meliputi temperamen yaitu kesulitan mengatur emosi, seperti reaktif emosional yang tinggi terhadap situasi atau kesulitan mengatasi frustrasi. Faktor yang menjadi risiko karena masalah pengasuhan, seperti anak mengalami pelecehan atau penelantaran, disiplin yang keras atau tidak konsisten, atau kurangnya pengawasan orang tua. Hal lainnya berupa masalah keluarga lainnya dan lingkungan sekitar yang tidak mendukung.

 

Gejala ODD

Tanda-tanda ODD umumnya dimulai selama tahun-tahun prasekolah. Kadang-kadang ODD dapat berkembang kemudian, tetapi hampir selalu sebelum masa remaja awal. Perilaku ini menyebabkan kerusakan signifikan dengan keluarga, kegiatan sosial, sekolah dan pekerjaan. Pedoman Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5), diterbitkan oleh American Psychiatric Association, memberikan kriteria yang menjadi diagnosis anak terkena ODD.

Kriteria DSM-5 termasuk gejala emosional dan perilaku yang bertahan setidaknya enam bulan. Berikut adalah gejala dan tanda kriteria ODD;

  • Suasana marah dan mudah tersinggung.
  • Seringkali dan mudah kehilangan kesabaran.
  • Sering sensitif dan mudah terganggu oleh orang lain.
  • Sering marah dan kesal.
  • Perilaku argumentatif dan menantang.
  • Seringkali berdebat dengan orang dewasa atau orang yang berwenang.
  • Sering secara aktif menentang atau menolak untuk mematuhi permintaan atau aturan orang dewasa.
  • Seringkali sengaja mengganggu atau mengganggu orang.
  • Seringkali menyalahkan orang lain atas kesalahan atau kesalahannya.
  • Ketidakpastian.
  • Sering dengki atau pendendam.
  • Telah menunjukkan perilaku dengki atau pendendam setidaknya dua kali dalam enam bulan terakhir.

 

Diagnosis ODD

Untuk menentukan apakah seseorang memiliki gangguan pemberontak oposisi, profesional kesehatan mental akan melakukan evaluasi psikologis yang komprehensif. ODD sering terjadi bersama dengan masalah kesehatan perilaku atau mental lainnya sehingga gejalanya sulit dibedakan dari yang terkait dengan masalah lain.

Evaluasi anak dapat mencakup penilaian termasuk kesehatan secara keseluruhan, frekuensi dan intensitas perilaku, emosi dan perilaku di berbagai pengaturan dan hubungan, situasi, dan interaksi keluarga, strategi yang telah dicoba mengelola perilaku masalah, adanya gangguan kesehatan mental, belajar atau komunikasi lainnya.

 

Penanganan ODD

Perawatan untuk gangguan pemberontakan oposisi terutama melibatkan intervensi berbasis keluarga, tetapi mungkin termasuk jenis psikoterapi dan pelatihan lain untuk anak, serta untuk orang tua. Perawatan sering berlangsung beberapa bulan atau lebih lama.

Penting untuk mengobati masalah yang terjadi bersamaan, seperti gangguan belajar, karena mereka dapat membuat atau memperburuk gejala ODD jika tidak ditangani. Obat saja umumnya tidak digunakan untuk ODD kecuali anak memiliki gangguan kesehatan mental lain. Jika anak memiliki gangguan sosial, seperti ADHD, kecemasan atau depresi, obat-obatan dapat membantu memperbaiki gejala-gejala ini.

Hal yang paling penting dalam perawatan adalah agar menunjukkan cinta dan penerimaan yang konsisten dan tanpa syarat terhadap anak, bahkan selama situasi yang sulit dan mengganggu.

 

Pencegahan ODD

Di rumah, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari dan menjauhi sikap oposisi dengan strategi ini; kenali dan puji perilaku positif anak, memberikan instruksi yang jelas dan efektif, siapkan rutinitas dengan mengembangkan jadwal harian yang konsisten untuk anak, bangun waktu bersama dengan mengembangkan jadwal mingguan yang konsisten yang melibatkan anak dan orang tua, bekerja sama dengan pasangan atau orang lain di rumah untuk memastikan prosedur disiplin yang konsisten dan tepat, serta menetapkan tugas rumah tangga yang harus diselesaikan oleh anak.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Orang tua harus memerhatikan kondisi anak, jika anak menunjukkan gejala ODD dan berpengaruh pada aktivitas sehari-hari dan juga saat di sekolah, sebaiknya segera menemui dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.