Panel IgE Atopy (Indonesia)

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Apa Itu Panel IgE Atopy (Indonesia)?

Salah satu jenis tes alergi yang bisa dilakukan adalah cek kadar Immunoglobulin (IgE) total maupun spesifik. Perlu diketahui, imunoglobulin E (igE) merupakan antibodi yang dihasilkan sistem imun dan berperan dalam melawan zat yang dianggap sebagai ancaman bagi tubuh. Antibodi ini bertugas menghalau serangan virus, bakteri, atau alergen tertentu. Umumnya, kadar IgE akan meningkat saat tubuh mengalami reaksi alergi. Dengan kata lain, pemeriksaan ini juga bertujuan sebagai tes alergi

Ada dua jenis tes IgE yang bisa dilakukan, yaitu IgE total dan IgE spesifik. Salah satu jenis IgE spesifik yang bisa dilakukan adalah panel IgE Atopy (Indonesia). Tes IgE spesifik ditujukan untuk menunjukkan tingkat respons antibodi IgE terhadap alergen tertentu. Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel darah yang nantinya akan dianalisis di laboratorium.

Baca juga: Kenali Lebih Lengkap Tes Alergi untuk Mencegah Syok Anafilaktik

 

Kenapa Melakukan Panel IgE Atopy (Indonesia)?

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui jumlah total IgE dan menemukan penyebab terjadinya reaksi alergi. Setelah itu, hasil pemeriksaan akan digunakan untuk menentukan rencana pengobatan. Alergi merupakan reaksi akibat kegagalan tubuh dalam merespon zat tertentu. Zat yang memicu munculnya reaksi alergi disebut dengan alergen. 

Saat terpapar alergen, tubuh menjadi hipersensitif dan memicu berbagai gejala. Kabar buruknya, ada banyak hal bisa dikenali tubuh sebagai alergen, bahkan hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari. Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel darah untuk kemudian dicampur dengan serum tertentu. 

Metode ini disebut lebih aman dibanding tes alergi yang dilakukan pada kulit. Tes alergi pada kulit dikhawatirkan bisa memicu efek samping berupa muncul reaksi berlebihan atau membahayakan kulit. 

Baca juga: Awas, Alergi Kacang Bisa Sebabkan Anafilaksis, Ini Gejalanya

 

Bagaimana Melakukan Panel IgE Atopy (Indonesia)?

Berbeda dengan tes alergi di permukaan kulit, panel IgE Atopy (Indonesia) dilakukan dengan mengambil sampel darah yang kemudian dicampur dengan serum khusus. Pemeriksaan IgE Atopy (Panel Indonesia) dilakukan dengan mengambil sampel darah dan bersifat semi-kuantitatif untuk mendeteksi kemungkinan alergen yang memicu terjadinya gejala-gejala alergi.

Pemeriksaan ini menjadi pilihan jika tes kulit untuk alergi tidak memungkinkan. Pemeriksaan IgE Atopy (Panel Indonesia) terdiri dari 55 Alergen yang lebih sesuai dengan alergen yang ada di Indonesia. Beberapa jenis atau kelompok alergen umumnya berasal dari pohon, tanaman, rumput, tungau, hewan, komponen susu, jamur, komponen makanan, makanan laut, sayuran dan buah-buahan, serta daging.

Reaksi alergi umumnya muncul setelah pengidapnya terpapar hal-hal di atas. Maka dari itu, perlu dilakukan panel IgE atopy (Indonesia) untuk mengetahui secara pasti apa yang menjadi penyebab munculnya alergi. Dengan mengetahui pemicu alergi, reaksi bisa dicegah dengan menghindari penyebabnya dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan hidup. 

 

Di mana Melakukan Panel IgE Atopy (Indonesia)?

Panel IgE Atopy (Indonesia) dilakukan oleh petugas yang sudah berpengalaman di bidangnya. Tes ini bisa dilakukan di fasilitas kesehatan mana saja, mulai dari klinik atau puskesmas, rumah sakit, bagian unit gawat darurat (UGD), hingga laboratorium kesehatan. Segera lakukan pemeriksaan kadar bilirubin jika mengalami gejala menyerupai gangguan pada organ hati. 

Baca juga: Hindari 7 Makanan Ini untuk Mencegah Syok Anafilaktik

Referensi:
World Allergy Organization. Diakses pada 2020. IgE in Clinical Allergy and Allergy Diagnosis.
NCBI. Diakses pada 2020. Impact of high serum Immunoglobulin E levels on the risk of atherosclerosis in humans.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Test ID: IGE.
Journal Plos One. Diakses pada 2020. IgE Sensitization Profiles Differ between.
Prodia. Diakses pada 2020. PANEL INDONESIA UNTUK PENUNJANG DIAGNOSIS ALERGI.