Panoramic

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Apa Itu Panoramic?

Pemeriksaan panoramic pemeriksaan penunjang yang digunakan dalam kedokteran gigi berupa bentuk foto Rotgen. Pemeriksaan gigi ini bertujuan untuk melihat lebih jauh dan jelas gambaran gigi dan jaringan lunak yang ada di sekitarnya.

Pemeriksaan panoramic merupakan pemeriksaan noninvasif. Selain itu, panoramic merupakan prosedur ekstraoral sederhana yang menggambarkan daerah rahang atas dan rahang bawah dalam satu film.

Rontgen atau pemeriksaan panoramic yang membantu dokter untuk mendiagnosis penyakit ini, dilakukan oleh dokter gigi atau spesialis bedah. Pemeriksaan ini nantinya akan memberikan informasi mengenai sinus maxillary, posisi gigi, dan kelainan tulang di daerah mulut.

Tak hanya itu, melalui rontgen panoramic, dokter juga bisa mengetahui kelainan di periodontal, tumor rahang atau kanker mulut, kista pada tulang rahang, kelainan rahang, gigi yang terganggu akibat gigi geraham belakang yang baru tumbuh, hingga kelainan terkait daerah mulut lainnya.

Baca juga: Manfaat Panoramic Gigi untuk Perawatan Orthodonti (Kawat Gigi)

 

Kenapa Melakukan Panoramic?

Pemeriksan gigi ini yang terdiri dari beberapa tipe ini, umunya dilakukan untuk:

  • Mencari adanya masalah di dalam mulut. Contohnya, pembusukan gigi, kerusakan tulang yang menyokong gigi, dan cedera gigi lainnya. Rontgen gigi ini umumnya digunakan untuk mendeteksi dini masalah yang ada pada gigi dan mulut.

  • Mencari gigi yang tidak berdiri di tempat seharusnya atau tidak dapat tumbuh keluar di dalam gusi. Selain itu, rontgen gigi juga digunakan untuk menelisik posisi gigi yang terlalu ramai dan rapat satu sama lain (gigi dempet).

  • Ingin melakukan terapi untuk memperbaiki susunan gigi.

  • Memeriksa lokasi gigi permanen yang tumbuh dalam rahang pada anak-anak yang masih memiliki gigi susu.

  • Menemukan kista, tumor, ataupun abses.

  • Menjadwalkan terapi gigi, seperti bedah akar, operasi cabut gigi, gigi berlubang yang cukup parah, hingga implan gigi.

Baca juga: Inilah Keuntungan Pemeriksaan Gigi dengan Panoramic

 

Bagaimana Melakukan Tes Panoramic?

Pemeriksaan panoramic tak membutuhkan pemeriksaan khusus sebelumnya. Namun, hal yang perlu diingat, beri tahu dokter jika kamu sedang hamil atau menanti kehamilan. Meski pemeriksaan panoramic ini cuma dilakukan di bagian mulit, wanita yang sedang hamil sebaiknya menunda pemeriksaan ini. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko janin terpapar radiasi.

Dalam pemeriksaan ini, kamu akan mengenakan pelindung apron dan menggunakan bite holder. Selama pemeriksaan, kamu akan diminta untuk menutup bibir dan menekan lidah, serta tangan berpegangan agar tetap seimbang.

Kemudian, dagu akan diposisikan untuk bersentuhan dengan tempat dagu di mesin pemeriksaan panoramic. Selama prosedur ini, kamu diharapkan agar tidak menggerakkan kepala dan diminta untuk tetap bernapas normal, tapi tidak terlalu dalam.

Baca juga: Ibu Hamil Dapatkah Lakukan Pemeriksaan Panoramic?

 

Di mana Melakukan Panoramic?

Pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter gigi atau dokter spesialis bedah mulut ini, umumnya dilakukan di rumah sakit yang memiliki fasilitas tersebut. Selain rumah sakit, pemeriksan ini juga bisa dilakukan di laboratorium tertentu yang bekerja sama dengan rumah sakit.

 

Keuntungan dan Risiko Panoramic

Usai prosedur pemeriksaan panoramic dilakukan, pemeriksaan ini tidak menyisakan radiasi di tubuh. Di samping itu, pada umumnya rontgen sisi juga tak memiliki efek samping. Oleh sebab itu, karena film tak perlu diletakkan di dalam mulut, rotgen gigi ini terbilang aman dilakukan pada anak kecil.

Bila mengalami keluhan pada gigi dan mulut, segeralah temui dokter untuk mendapatkan penanganan dan saran medis yang tepat. Penanganan yang tepat dan cepat bisa meningkatkan peluang kesembuhan dan mencegah komplikasi berbahaya.

 

Referensi:
RadiologyInfo.org. Radiological Society of North America, Inc. Diakses pada 2019. Panoramic Dental X-ray

Diperbarui pada 17 September 2019