Pembengkakan Otak

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Pembengkakan Otak

Pembengkakan otak atau dikenal dengan edema cerebri merupakan peningkatan akumulasi cairan otak intraselular dan atau ekstraselular. 

 

Gejala Pembengkakan Otak

Gejala edema serebral tidak spesifik dan berkaitan dengan efek sekunder massa, kompresi vaskular, dan herniasi. Umumnya dimulai dari sakit kepala, muntah-muntah, pusing, dapat terjadi pandangan kabur hingga gangguan kognitif dan koma. 

 

Penyebab dan Faktor Risiko Pembengkakan Otak

Penyebabnya antara lain trauma, ensefalopati hipoksik iskemik, gangguan metabolisme atau kondisi keracunan, kegagalan organ multisistem, krisis hipertensi, infeksi atau peradangan.

 

Diagnosis Pembengkakan Otak

Selain dari gejala, diagnosis dapat ditegakkan melalui pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan laboratorium terutama untuk pemeriksaan elektrolit dan MRI kepala. 



Pencegahan Pembengkakan Otak

Pencegahan spesifik belum ditetapkan, umumnya dilakukan sesuai dengan etiologi. Menggunakan helm saat berkendara untuk mencegah cedera kepala, pemeriksaan rutin jika sering mengalami nyeri kepala yang terus menerus.

 

Penanganan Pembengkakan Otak

Penanganan awal pembengkakan otak dapat berupa elevasi kepala menjadi 30 derajat. Kemudian pemberian analgesia, sedasi dan agen pelumpuh Neuromuskuler juga dianjurkan karena rasa sakit, kecemasan, dan agitasi dapat meningkatkan metabolisme otak, aliran darah otak, dan kadang-kadang juga ICP.

Ventilasi dan oksigenasi juga penting serta keseimbangan cairan harus dipertahankan netral untuk mempertahankan keadaan euvolemia. 

 

Kapan Harus ke Dokter? 

Jika terdapat gejala seperti di atas, segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang tepat. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.