Radang Otak

Pengertian

Radang otak merupakan kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja, dengan tingkat risiko tertinggi pada anak-anak serta lansia, karena sistem kekebalan tubuh yang cenderung lebih lemah. Penyakit radang otak ini meski jarang terjadi, namun bisa menjadi kondisi serius dan dapat mengancam jiwa seseorang.

Gejala

Penyakit radang otak ini umumnya diawali dengan gejala ringan, seperti adanya rasa lelah, demam, rasa pegal dan sakit kepala. Tetapi pengidap penyakit radang otak bisa menurun drastis dengan ciri-ciri:
- Halusinasi
- Perubahan kondisi metal
- Kurangnya berfungsinya organ tubuh pada bagian wajah
- Pingsan
- Leher yang kaku

Gejala awal penyakit radang otak tersebut cenderung mirip dengan indikasi flu, karena itu segera bawalah ke rumah sakit jika Anda atau sang buah hati mengalami gejala flu yang semakin parah.

Risiko radang otak tidak akan sama bagi setiap pengidap. Diantara seluruh kasus radang otak, diperkirakan sekitar 10% pengidap dapat
kehilangan nyawa. Risiko komplikasinya pun tergantung pada banyak faktor, beberapa komplikasi yang mungkin muncul yaitu:
- Adanya hilang ingatan
- Terkena gangguan kemampuan fisik dan motorik
- Perubahan kepribadian
- Gangguan akan daya konsentrasi seseorang
- Perubahan emosi
- Rasa lelah yang berkepanjangan
- Gangguan kemampuan fisik dan motoric pada pengidap

Penyebab

Penyebab radang otak belum diketahui pasti, tetapi umumnya terdapat dari berbagai jenis infeksi. Pemicu datangnya penyakit radang otak yaitu:
- Adanya reaksi sistem kekebalan tubuh, seperti terkena campak atau bahkan HIV.
- Virus dari hewan
- Komplikasi dari infeksi virus
- Infeksi yang terjadi langsung didalam otak

Pengobatan

Penyakit radang otak umumnya berpotensi mengancam jiwa seseorang sehingga sering kali membutuhkan penanganan darurat di rumah sakit, yang bertujuan untuk menghentikan dan mengobati infeksi, serta mencegah komplikasi jangan panjang bagi pengidap radang otak.

Pencegahan

Umumnya penyakit radang otak termasuk kondisi yang sulit dicegah, namun Anda dapat melakukan vaksinasi MMR. Hindari kondisi pencegahan radang otak, yaitu:
- Menghindari gigitan nyamuk
- Menjaga kebersihan