Radang Panggul

Pengertian

Radang panggul merupakan suatu infeksi yang bisa menjangkit rahim, ovarum, leher rahim maupun panggul bagi perempuan. Penyakit radang panggul tersebut merupakan penyebab utama infertilitas yang sebenarnya dapat dicegah yang sebagian besar ditemukan pada wanita berusia 15 hingga 24 tahun. Penyakit radang panggul bisa menyebabkan nyeri kronis dan kehamilan ektopik apabila tidak segera ditangani.

Gejala

Pada umumnya infeksi radang panggul pada organ reproduksi, tidak selalu menunjukkan gejala sehingga sangat sulit untuk dikenali. Berikut gejala-gejala yang dialami pada penyakit radang panggul:
- Rasa sakit pada bagian panggul
- Sakit pada perut bagian bawah
- Adanya rasa sakit saat buang air kecil
- Demam tinggi
- Rasa mual
- Keputihan yang telah berubah warna
- Periode menstruasi yang lebih lama dan menunjukkan rasa sakit dan pendarahan diantara masa menstruasi atau setelah berhubungan intim

Apabila Anda mendapatkan gejala-gejela diatas, segeralah temui tenaga medis agar Anda mendapatkan diagnosis yang benar.

Komplikasi yang terjadi ketika penyakit radang panggul tidak segera ditangani oleh tenaga medis, akan menimbulkan:
- Munculnya abses
- Adanya rasa sakit panggul jangka panjang
- Berulangnya penyakit radang panggul
- Terjadinya kehamilan ektopik

Penyebab

Infeksi menular seksual adalah penyabab datangnya radang panggul dengan terdapat bakteri yang umumnya menyebabkan leher rahim terkena infeksi. Bakteri tersebut biasanya hidup pada alat kelamin wanita sehingga mengindeksi organ tubuh lainnya. Radang panggul sendiri pun mempunyai faktor risiko yang berkaitan dengan keguguran, persalinan, aborsi, berhubungan intim tanpa pengaman dan seringnya berganti pasangan untuk melakukan hubungan intim.

Pengobatan

Pengobatan radang panggul biasanya dilakukan dengan cara pemberian antibiotik pada orang yang mengidap yang masih berada pada tahap awal penyakit tersebut. Antibiotik yang diberikan pada pengidap radang panggul, dapat dibarangei dengan obat rasa pereda sakit, jika memang Anda merasakan rasa sakit di daerah perut atau panggul. Pengidap radang panggul yang berat, umumnya menerima antibiotik melalui infus yang diberikan di rumah sakit dan harus diselesaikan sesuai dengan waktu yang dianjurkan oleh dokter agar dapat menyembuhkan infeksi bakteri tersebut.

Pencegahan

Agar dapat mencegah penyakit radang panggul, Anda dapat memulai kebiasaan ketika melakukan hubungan intim yang sehat, dan melakukan beberapa tindakan pencegahan seperti dibawah ini:
- Interaksikan pada dokter jika gejala radang panggul terasa
- Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin
- Pertahaan kebiasaan kebersihaan yang sehat
- Hindari berhubungan intim setelah persalinan, keguguran, aborsi