Radang Sendi

Pengertian

Radang sendi adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya inflamasi pada beberapa sendi. Gejala radang sendi biasanya berupa sakit, bengkak, warna kemerahan atau rasa hangat pada sendi yang meradang serta menyebabkan sendi menjadi kaku. 

Gejala

Penyakit radang sendi terbagi menjadi 11 jenis, yaitu:
1. Osteoarthritis
Gejala ini terjadi saat tulang rawan sendi mengalami keausan sehingga tulang punbergesekan langsung dengan tulang lain, dan menyebabkan rasa sakit dan gerakan pun terhambat.
2. Penyakit asam urat
Kondisi ini menyerang bagian sendi jempol kaki karena penumpukan zat asam urat didalam tubuh.
3. Lupus
Lupus terjadi saat jaringan dan organ tubuh mengalami gangguan akibat terserangnya sistem kekebalan tubuh.
4. Fibromyalgia
Gejala ini ditandai dengan rasa sakit pada bagian otot, tendon dan ligamen.
5. Cervical spondylosis
Kondisi ini menyebabkan gejala nyeri dan kaku pada leher Anda.
6. Rheumatoid arthritis
Gejala tersebut terjadi saat lapisan pembungkus sendi mengalami inflamasi dan bengkak, akibat serangan dari sistem kekebalan tubuh.
7. Polymyalgia rheumatic
Penyebab dari gejala ini belum diketahui, namun biasanya dialami oleh orang dengan usia diatas 50 tahun dan ditandai adanya gejala inflamasi sendi, kaku dan nyeri pada otot.
8. Psoriatic arthritis
Radang sendi ini muncul sebagai komplikasi dari adanya penyakit psoriasis. 
9. Secondary arthritis
Kondisi pada gejala nomer 9 ini biasanya dialami oleh orang yang jarang mengalami cedera sendi.
10. Juvenile idiopathic arthritis
Jenis radang sendiri ini umumnya dialami oleh anak-anak dengan diawal gejala nyeri atau inlamasi pada sendi yang hilang seiring perkembangan usia anak.
11. Reactive arthritis
Reactive arthritis biasanya muncul setelah seseorang mengalami infeksi pada saluran alat kelamin, usus besar ataupun tenggorokan.

Penyebab

Penyakit radang sendi biasanya akan menyerang seiring dengan perkembangan usia, obesitas, jenis kelamin dan riwayat kesehatan keluarga.

Pengobatan

Pengobatan pada penyakit radang sendi ini ada berbagai macam tergantung pada jenis dan tingkat keparahan. Beberapa cara dibawah ini dapat mengurangi rasa sakit, seperti:
- Mengonsumsi obat-obatan anti inflamasi nonsteroid, analgesok, dan salep yang mengandung capsaicin sesuai dengan dosis serta aturan pakai dari dokter.
- Terapi fisik untuk memperkuat otot-otot di sekitar sendi dan meningkatkan kemampuan gerak tubuh

Pencegahan

Kesehatan radang sendi perlu dijaga dengan baik agar tidak mengalami radang sendi. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah radang sendi adalah:
- Berolahraga secara teratur, karena olahraga merupakan cara yang baik untuk melatih sendi secara alami
- Menjaga kesehatan sendi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Salah satu pemicu radang sendi adalah makanan yang mengandung purin   dan tinggi lemak jenuh.
- Berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan cedera pada sendi yang akan berujung pada radang sendi. Karena itu, jagalah berat badan agar tetap ideal.