• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Keseringan Mengetik Bisa Sebabkan Nyeri Pergelangan Tangan

Keseringan Mengetik Bisa Sebabkan Nyeri Pergelangan Tangan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mengalami kondisi yang tidak nyaman pada area pergelangan tangan setelah mengetik dalam waktu yang cukup lama? Sebaiknya waspada terhadap kondisi nyeri pergelangan tangan. Nyeri pergelangan tangan merupakan rasa sakit pada pergelangan tangan yang disebabkan karena pengidap mengalami cedera atau memiliki penyakit tertentu.

Baca juga: Sering Bermain Gadget Sebabkan Nyeri Pergelangan Tangan?

Namun, tidak hanya itu, nyeri pergelangan tangan nyatanya bisa terjadi akibat adanya tekanan atau gerakan yang sama berulang-ulang pada bagian pergelangan tangan. Untuk memastikan penyebab nyeri pergelangan tangan, tentunya perlu melakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat agar nyeri pergelangan tangan yang kamu alami dapat diatasi dengan baik.

Mulai dari Mengetik Hingga Penyakit Radang Sendi

Gejala yang umum dialami oleh pengidap nyeri pergelangan tangan adalah rasa sakit atau tertarik yang cukup parah pada bagian pergelangan tangan. Nyeri yang muncul dapat terjadi dalam waktu yang cukup panjang atau sementara. Pada kondisi yang cukup parah, nyeri pergelangan tangan yang dialami dapat menyebabkan pengidap kesulitan menggenggam barang.

Pengidap nyeri pergelangan tangan juga rentan mengalami kondisi kesemutan atau pegal pada bagian pergelangan tangan. Jari tangan yang membengkak serta pergelangan tangan yang terlihat kemerahan atau memar menjadi tanda lain dari kondisi nyeri pergelangan tangan. Gejala lain dapat dialami oleh pengidap sesuai dengan penyebab nyeri pergelangan tangan.

Lalu benarkah mengetik dalam waktu yang cukup panjang dapat menyebabkan nyeri pergelangan tangan? Melansir Healthline, melakukan pekerjaan yang berulang-ulang nyatanya dapat mengakibatkan kamu mengalami nyeri pergelangan tangan, salah satunya adalah kegiatan mengetik, menjahit, hingga menggambar.

Namun tidak hanya itu, nyeri pergelangan tangan dapat disebabkan oleh faktor lain, seperti adanya cedera, tekanan secara tiba-tiba pada pergelangan tangan, dan juga memiliki gangguan kesehatan lainnya, misalnya radang sendi, osteoarthritis, carpal tunnel syndrome, tendonitis, kista ganglion, hingga adanya penyakit kienbock.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bisa Bikin Pergelangan Tangan Sakit

Lakukan Pemeriksaan untuk Atasi Nyeri Pergelangan Tangan

Ada berbagai pemeriksaan yang perlu dilakukan untuk mengatasi nyeri pergelangan tangan dengan tepat. Pada tahap pemeriksaan awal, tentunya dokter akan bertanya mengenai riwayat cedera yang pernah kamu alami. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat kondisi pergelangan tangan yang mengalami keluhan.

Pemeriksaan lanjutan dapat dilakukan untuk memastikan penyebab nyeri pergelangan tangan. Melansir dari Mayo Clinic, ada beberapa pemeriksaan lanjutan, seperti:

1.Tes Pencitraan

Tes pencitraan dapat dilakukan dengan berbagai macam metode untuk melihat gambaran pergelangan tangan secara langsung dengan X-Rays, CT Scan, MRI, juga ultrasound.

2.Artroskopi

Pemeriksaan artroskopi akan dilakukan jika tes pencitraan dirasa tidak menunjukkan hasil yang optimal. Pemeriksaan ini dilakukan dengan bantuan alat artroskop, berupa tabung kecil dengan kamera di ujungnya yang akan dimasukkan menuju pergelangan tangan melalui sayatan pada kulit.

3.Tes Saraf

Tes ini dilakukan jika nyeri pergelangan tangan disebabkan oleh carpal tunnel syndrome. Dengan tes saraf, dokter akan mengetahui sinyal listrik yang diproduksi oleh otot.

Itulah beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan untuk memastikan penyebab nyeri pergelangan tangan sehingga kondisi ini dapat diatasi dengan tepat. Lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan pengobatan yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi nyeri pergelangan tangan. Berbagai pengobatan dapat dilakukan, seperti penggunaan obat, penggunaan alat penyangga, fisioterapi, hingga melakukan tindakan operasi.

Namun, tidak semua nyeri pergelangan tangan perlu pengobatan khusus. Pengobatan secara mandiri dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri pergelangan tangan yang disebabkan oleh faktor pemicu, seperti terlalu sering mengetik.

Baca juga: Gerakan Sederhana untuk Atasi Nyeri Pergelangan Tangan

Nyeri pergelangan tangan yang terbilang ringan dapat diatasi dengan mengompres bagian pergelangan tangan dengan kompres dingin dan bungkus dengan perban elastis. Tidak hanya itu, mengistirahatkan bagian pergelangan tangan yang mengalami kondisi nyeri menjadi cara lain yang bisa dilakukan sebagai pengobatan nyeri pergelangan tangan ringan.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Wrist Pain.
Healthline. Diakses pada 2020. Wrist Pain.