• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Bermain Gadget Sebabkan Nyeri Pergelangan Tangan?

Sering Bermain Gadget Sebabkan Nyeri Pergelangan Tangan?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Saat bangun tidur, hal yang biasanya dilakukan orang adalah mengecek smartphone mereka. Kemudian seharian bekerja, kamu akan berada terus di depan laptop. Bahkan hingga sebelum tidur, rasanya sulit jauh-jauh dari gadget. Tidak hanya dapat merusak penglihatan, nyeri pergelangan tangan juga mungkin terjadi akibat terlalu sering main gadget.

Nyeri pergelangan tangan adalah kondisi umum yang bisa terjadi akibat berbagai penyebab. Sendi pergelangan tangan padahal memainkan peran dalam gerakan dasar untuk menunjang aktivitas harian. Jika tidak segera mendapatkan pertolongan, maka kondisi ini bisa berdampak pada kualitas hidup pengidapnya. 

Baca juga: Gerakan Sederhana untuk Atasi Nyeri Pergelangan Tangan

Penyebab Nyeri Pergelangan Tangan

Pergelangan tangan tidak terdiri dari satu sendi. Bagian tubuh ini terdiri dari beberapa sendi kecil di mana tulang-tulang tangan dan lengan bertemu. Nyeri pergelangan tangan dapat terjadi karena benturan atau cedera. Misalnya, keseleo yang menyebabkan rasa sakit jika ligamen terlalu meregang. Jenis nyeri pergelangan tangan ini biasanya datang tiba-tiba ketika cedera terjadi. 

Rasa sakit dapat terjadi karena berbagai alasan, bisa karena kelelahan akibat terlalu lama bermain gadget atau masalah mendasar lainnya. Umumnya, penyebab utamanya adalah cedera pada pergelangan tangan. Memencet saraf yang melewati pergelangan tangan juga bisa menimbulkan rasa sakit. Melansir Medical News Today, ini penyebab nyeri pergelangan yang sangat umum, antara lain: 

Baca juga: Pegawai Kantoran Rentan Terkena Radang Sendi

  • Sindrom Carpal Tunnel. Kondisi ini terjadi saat ligamen menebal dan menekan saraf. Saraf mengalami tekanan dapat menyebabkan rasa sakit, mati rasa, dan lemah di tangan. Orang yang obesitas atau mereka yang mengidap diabetes atau radang sendi berisiko tinggi terkena sindrom carpal tunnel. Kondisi ini dikaitkan dengan pekerjaan berulang seperti mengangkat barang, mengetik, atau menggunakan peralatan yang dapat menggetarkan tangan.

  • Osteoartritis. Kondisi ini menyebabkan peradangan sendi dan terjadi ketika tulang rawan yang menutupi tulang habis. Kemudian, dapat memengaruhi berbagai sendi, termasuk pergelangan tangan. Osteoarthritis pergelangan tangan cenderung terjadi pada mereka yang sudah paruh baya atau lebih tua, dan mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan kondisi tersebut.

  • Radang Sendi. Penyakit ini disebut juga rheumatoid arthritis, terjadi ketika jaringan sehat dipecah oleh sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa menyebabkan sakit pergelangan tangan jika persendian di daerah tersebut diserang oleh sistem imun.

  • Penyakit De Quervain. Pada kondisi ini, tendon dan penutupnya di sisi ibu jari pergelangan tangan menjadi meradang dan membengkak. Penyebab pastinya tidak diketahui, tetapi sering dikaitkan dengan cedera pada area tersebut atau terlalu sering digunakan. Gejalanya meliputi sensasi seperti tersetrum di dalam pergelangan tangan, pembengkakan, dan kelemahan di sepanjang pergelangan tangan, lengan, dan ibu jari.

  • Tendonitis. Kondisi ini bisa terjadi di pergelangan tangan, ketika tendon pergelangan tangan mengalami robekan kecil atau mengalami iritasi dan peradangan. Kondisi ini biasanya terjadi karena gerakan berulang yang melibatkan pergelangan tangan.

  • Bursitis. Bursa adalah kantung-kantung kecil berisi cairan yang membantu melindungi sendi. Ketika ini meradang itu disebut sebagai radang kandung lendir. Kondisi ini dapat terjadi di banyak area tubuh, termasuk pergelangan tangan. Gejalanya seperti nyeri di atas tendon pergelangan tangan dan terjadi pembengkakan.

  • Keseleo Pergelangan Tangan. Menurut American Society for Surgery of the Hand, keseleo pergelangan tangan disebabkan oleh jatuh dan menekuk pergelangan tangan ke belakang ketika tangan menyentuh tanah. Akibatnya, ligamen mengalami peregangan. 

Baca juga: Ini 7 Komplikasi yang Bisa Terjadi Akibat Patah Pergelangan Tangan

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan nyeri pergelangan tangan selain kebiasaan main gadget yang terlalu lama. Jika kamu merasakan nyeri di pergelangan tangan, segera periksakan diri ke rumah sakit. Kamu pun bisa buat janji sebelumnya melalui aplikasi Halodoc supaya lebih praktis. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Wrist Pain.
NHS UK. Diakses pada 2020. Wrist Pain.