Ketahui 6 Penyebab Sakit Paru-Paru Sebelah Kiri

Ketahui 6 Penyebab Sakit Paru-Paru Sebelah Kiri

Halodoc, Jakarta – Nyeri pada bagian dada sering dikaitkan dengan penyakit jantung atau paru-paru dan membuat khawatir. Sebenarnya, paru-paru tidak merasakan sakit, karena hanya memiliki sedikit saraf penerima rasa sakit. Nyeri yang terasa seolah dari organ tersebut sebenarnya datang dari nyeri dada yang bisa menjadi tanda dari penyakit tertentu.

Rasa sakit tersebut bisa jadi muncul sebagai gejala penyakit yang menyerang organ paru-paru, biasanya rasa sakit akan lebih terasa di sebelah kiri. Selain itu, nyeri di sekitar paru-paru sebelah kiri juga bisa menjadi gejala penyakit yang menyerang organ lain di sekitar paru. Lantas, penyakit apa saja yang sering memicu gejala sakit paru-paru sebelah kiri?

Baca juga: 7 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

1. Asma

Salah satu penyakit yang ditandai dengan nyeri pada bagian dada adalah asma. Penyakit ini terjadi karena adanya gangguan pernapasan kronis yang disebabkan oleh penyempitan dan peradangan saluran napas. Hal itu kemudian menyebabkan terjadinya iritasi pada paru-paru.

Nyeri akibat penyakit ini sebenarnya menyerang kedua sisi dada, yaitu sisi kiri dan sisi kanan. Tapi biasanya, rasa nyeri akan lebih terasa dan menyerang pada paru-paru sebelah kiri. Selain rasa nyeri, penyakit ini juga ditandai dengan mengi alias napas berbunyi, sesak napas, serta batuk. Penyakit ini tergolong jenis gangguan kesehatan yang tidak bisa sembuh dan dapat kembali kambuh. Tapi, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan pemicu dan menghindari kekambuhan gejala.

2. Pleuritis

Nyeri dada sebelah kiri juga bisa menjadi tanda penyakit pleuritis, yaitu peradangan yang menyerang pleura. Peradangan pada pleura alias selaput pembungkus paru bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri yang menyerang saluran napas. Kondisi ini bisa menyebabkan nyeri pada dada saat bernapas, batuk, ataupun bersin. Pleuritis yang menyerang paru-paru sebelah kiri bisa menyebabkan rasa sakit cukup tajam pada dada sebelah kiri.

3. Pneumotoraks

Kondisi ini terjadi karena masuknya udara di antara paru-paru dan dinding dada. Pneumotoraks bisa terjadi secara tiba-tiba, maupun muncul sebagai komplikasi penyakit paru. Penyakit ini sering menimbulkan gejala berupa nyeri pada dada, gagal napas, hingga gagal jantung.

Baca juga: 5 Fakta tentang Rontgen Paru-Paru yang Perlu Diketahui

4. Paru-Paru Basah

Nyeri pada bagian kiri dada bisa jadi gejala penyakit paru-paru basah alias efusi pleura. Kondisi ini terjadi karena adanya penumpukan cairan di antara paru-paru dan dinding dada. Ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan kondisi ini menyerang, misalnya gagal jantung, infeksi paru-paru, kanker, hingga pankreatitis.

5. Emboli Paru

Emboli paru bisa menyebabkan rasa nyeri dada sebelah kiri, sesak napas, tekanan darah rendah, hingga batuk darah. Penyakit ini terjadi karena salah satu arteri di paru-paru tersumbat oleh gumpalan darah. Kondisi ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele, karena emboli paru bisa mengancam jiwa jika tidak segera ditangani.

6. Kanker Paru

Sakit paru-paru sebelah kiri yang disertai dengan batuk terus menerus, mengi, suara serak, dahak berdarah, hingga peradangan di paru-paru bisa menjadi tanda kanker. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, namun perokok aktif dan pasif memiliki risiko lebih tinggi mengalami kanker paru-paru.

Baca juga: Hidup Lebih Sehat dengan Menjaga Kesehatan Paru-paru

Cari tahu lebih lanjut seputar nyeri paru-paru sebelah kiri dan penyebabnya dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!