• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 8 Fakta Tentang Penyakit Lupus
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 8 Fakta Tentang Penyakit Lupus

Ketahui 8 Fakta Tentang Penyakit Lupus

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Mei 2022

“Penyakit lupus sulit didiagnosis atau bahkan kerap tertukar dengan penyakit lain. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui fakta terkait penyakit ini.”

Ketahui 8 Fakta Tentang Penyakit LupusKetahui 8 Fakta Tentang Penyakit Lupus

Halodoc, Jakarta – Lupus adalah salah satu penyakit yang rentan menyerang wanita. Gangguan ini perlu mendapatkan penanganan segera agar komplikasi bisa dihindari. Maka dari itu, setiap orang perlu tahu tentang segala hal yang berhubungan dengan penyakit lupus. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Segala Hal yang Perlu Diketahui Tentang Penyakit Lupus

Lupus termasuk penyakit yang rumit untuk dimengerti. Penyakit ini dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh dapat menyerang sel dan jaringannya sendiri, atau penyakit autoimun. Jika dibiarkan, berbagai bagian tubuh termasuk organ penting juga dapat alami gangguan. Kamu bisa alami gangguan pada sendi, kulit, ginjal, paru-paru, jantung, dan organ lainnya.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui segala hal yang berhubungan dengan penyakit lupus. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui:

1.  Termasuk Penyakit Autoimun

Penyakit lupus adalah salah satu gangguan yang disebabkan oleh autoimun. Hal ini terjadi karena sistem imunitas tubuh yang menyerang bagian tubuhnya sendiri. Jika dibiarkan, berbagai masalah pada tubuh dapat terjadi seperti gangguan sendi, ginjal, paru-paru, dan masih banyak lagi.

2.  Ada Banyak Jenisnya

Perlu diketahui juga jika penyakit lupus memiliki banyak jenis disertai gejala yang berbeda-beda pada tiap jenisnya. Beberapa contoh jenis lupus antara lain systemic lupus erythematosus, drug-induced lupus, discoid lupus, sub-acute cutaneous lupus erythematosus, dan neonatal lupus. Dengan mengetahui jenis yang menyerang tindakan penanganan yang tepat bisa dilakukan.

3.  Rentan Menyerang Wanita

Dipercaya jika penyakit lupus lebih rentan untuk terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Pada wanita, risikonya 10 kali lebih besar untuk terserang penyakit ini. Usia yang rentan untuk alami penyakit ini adalah 15-45 tahun. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga dapat terjadi pada semua orang di segala rentang usia.

4.  Sulit Terdeteksi

Perlu dipahami jika penyakit lupus termasuk salah satu yang sulit untuk didiagnosis. Sebab, setiap orang dapat mengalami gejala yang berbeda-beda. Bahkan, penyakit ini mendapatkan sebutan ‘kepingan salju’ sebab sangat banyak perbedaan yang terlihat dari satu orang ke orang lainnya yang mengalami penyakit sama.

5.  Tindak Pengobatan yang Berbeda-beda

Ada banyak sekali tindakan pengobatan yang dapat dilakukan tergantung dari gejala yang dirasakan. Pengobatan dengan NSAID dapat diberikan jika seseorang alami gejala, seperti nyeri sendi, nyeri otot, hingga ruam kulit. Sedangkan jika masalah terjadi pada organ dalam, maka pengobatan yang bisa diberikan seperti obat penekan imun atau kortikosteroid dosis tinggi.

6.  Lupus Dapat Menyerupai Kondisi Lain

Perlu dipahami jika penyakit lupus dapat menyerupai kondisi lainnya. Beberapa kondisi yang mirip, seperti rheumatoid arthritis, fibromyalgia, dan penyakit Lyme. Tes darah yang dilakukan perlu benar-benar menunjukkan secara spesifik jika masalah yang ada disebabkan oleh Lupus atau kondisi lainnya. Bahkan, tidak mudah untuk menemukan diagnosis yang tepat bagi seorang ahli sekalipun.

7. Rheumatologis Dapat Menangani Lupus

Seseorang yang mengalami penyakit lupus perlu mendapatkan penanganan dari rheumatologis, yaitu dokter yang ahli dalam mengobati arthritis dan kondisi rematik lainnya. Ahli medis ini mampu mengevaluasi gejala yang dirasakan oleh seseorang serta memastikan jika benar disebabkan oleh lupus.

8. Belum Ada Obatnya

Perlu diketahui jika lupus belum ditemukan obatnya. Dengan pengobatan yang ada sekarang, tingkat kematian yang disebabkan oleh lupus terus menurun dan harapan hidung seseorang yang mengalaminya terus meningkat. Hal ini juga perlu disertai pola hidup dan gaya hidup yang sehat.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui berhubungan dengan penyakit lupus. Dengan mengetahui hal ini, tentu bisa menjadi pengetahuan baru yang bisa saja menolong nantinya. Hal ini juga dapat membuat kamu lebih paham jika ada kenalan yang mengalami penyakit ini.

Untuk memastikan jika gejala yang kamu alami benar disebabkan oleh penyakit lupus atau tidak, temui dokter di rumah sakit rekanan Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan sekarang juga!

Referensi:
Creaky Joints. Diakses pada 2022. 17 Facts About Lupus You Might Not Know, But Should.
Very Well Health. Diakses pada 2022. 10 Things You Should Know About Lupus.