• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Bahan Alami yang Dapat Memutihkan Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Bahan Alami yang Dapat Memutihkan Wajah

Ketahui Bahan Alami yang Dapat Memutihkan Wajah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Mei 2022

“Menggunakan bahan alami untuk memutihkan wajah menurunkan risiko efek samping sampai menghemat pengeluaran. Beberapa bahan alaminya adalah kulit jeruk, madu, oatmeal, dan teh hijau.”

Ketahui Bahan Alami yang Dapat Memutihkan Wajah

Halodoc, Jakarta –  Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memutihkan wajah. Mulai dari perawatan tradisional dengan menggunakan masker alami hingga perawatan menggunakan produk–produk kecantikan, seperti krim pemutih. 

Menggunakan bahan alami untuk memutihkan wajah kerap disangsikan karena diduga tidak memberikan hasil yang optimal. Sebenarnya, kalau digunakan secara rutin dan tepat, hasilnya juga bisa memuaskan. 

Memutihkan Wajah dengan Kulit Jeruk hingga Oatmeal

Ada banyak keuntungan menggunakan bahan alami untuk memutihkan wajah. Mulai dari menurunkan risiko efek samping sampai menghemat pengeluaran. Terpenting adalah harus konsisten dalam menggunakannya.

Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker alami untuk memutihkan wajah:

1.  Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung lebih banyak Vitamin C daripada daging buahnya. Vitamin C adalah antioksidan yang berperan penting dalam memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Vitamin C pada jeruk juga merupakan agen bleaching alami yang dapat menghilangkan kekusaman akibat terpapar sinar matahari.

2.  Bengkuang

Bengkuang mengandung vitamin C dan B1 yang membantu memutihkan dan mencerahkan kulit. Makanya, jangan heran kalau ada banyak produk pemutih kulit di pasaran yang menggunakan bengkuang sebagai bahan utama.

3.  Lemon

Vitamin C dan asam alpha hidroksi dalam lemon mampu menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam. Lemon dikenal sebagai agen bleaching alami yang dapat mengangkat sel kulit mati. 

Selain itu, lemon juga mampu menghilangkan kekusaman terutama yang disebabkan oleh sinar matahari. Untuk mendapatkan kulit wajah yang putih dan berseri, kamu dapat menggunakan buah lemon.

4.  Yogurt

Yogurt merupakan bahan alami yang tidak diragukan lagi manfaatnya dalam hal merawat maupun mencerahkan kulit wajah kamu. Vitamin B5 yang terkandung dalam yogurt bermanfaat menyamarkan bintik-bintik hitam akibat jerawat dan berperan dalam mencerahkan kulit wajah. 

Asam laktat dan kalsium yang terkandung dalam yogurt berperan dalam melembapkan kulit wajah dan menjaganya agar tetap sehat dan terawat.

5.  Pepaya

Pepaya kaya akan enzim papain yang dapat membantu regenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E yang menjadi antioksidan dalam buah pepaya juga mampu menutrisi dan melembapkan kulit. 

Pepaya merupakan tabir surya alami yang dapat menghambat pigmentasi kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Pepaya dapat dikonsumsi secara langsung untuk mencerahkan kulit atau dibuat menjadi masker.

6.  Madu

Madu adalah pelembap dan antibiotik alami kulit yang sekaligus dapat mencerahkan wajah dan mengangkat sel kulit mati. Madu juga mampu nghilangkan bekas jerawat dan tanda – tanda penuaan pada kulit.

7.  Beras

Beras mengandung ferulic acid dan allantoin yang mampu melindungi kulit dari kerusakan sekaligus mencerahkan wajah. Ketika kamu mencuci beras, jangan buang airnya. Tuang air beras pada sebuah wadah dan biarkan mengendap. Endapan yang terbentuk dari air cucian beras dapat digunakan sebagai masker wajah.

8. Teh Hijau

Teh hijau sudah sejak lama disebut-sebut mampu memberikan perlindungan pada kulit wajah. Ternyata, tidak hanya bersifat anti aging, teh hijau juga dapat memutihkan kulit. 

Selain diminum, kamu bisa mengoleskan tea bag bekas pakai ke area kulit. Polifenol dalam teh hijau memiliki sifat antioksidan serta kemampuan untuk mencerahkan kulit akibat terpapar sinar matahari. 

9. Oatmeal

Selain sehat dikonsumsi dan sangat dianjurkan sebagai menu untuk sarapan, oatmeal ternyata juga dapat mencerahkan serta memutihkan wajah.

Bahan oatmeal semakin bermanfaat bila ditambahkan dengan dua sendok air lemon kemudian dicampur. Jadikan masker selama lebih kurang 10 menit untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Selain 9 bahan alami di atas masih banyak lagi yang bisa kamu gunakan sebagai masker alami untuk memutihkan wajah.

Jika kamu punya masalah kulit wajah yang spesifik dan ingin mendapatkan saran dari dokter, kontak saja Halodoc. Belum punya aplikasinya? Segera download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
The Urban Guide. Diakses pada 2022.  Homemade Natural Skin Bleach for A Bright and Beautiful Face: Say Goodbye to Dull Skin
WebMD. Diakses pada 2022. 7 Best Natural Ingredients for Your Skin