• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Mudah Mengatasi Stres
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Mudah Mengatasi Stres

Ketahui Cara Mudah Mengatasi Stres

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Mei 2022

“Stres yang terus dibiarkan nyatanya mampu memengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang. Namun, ada cara-cara mudah yang bisa kamu coba untuk mengatasi stres.

Ketahui Cara Mudah Mengatasi Stres

Halodoc, Jakarta – Tak sedikit orang yang masih mencari cara mudah mengatasi stres dan tetap bisa berpikiran positif. Tak hanya bisa membuat kamu lebih semangat, pikiran yang positif pun bisa memberikan manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Pikiran yang positif ini bisa dicapai dengan selalu optimis dalam menyikapi segala hal yang terjadi. Ketika terjadi masalah, baik urusan pekerjaan maupun pribadi apabila kamu menyikapinya dengan optimis maka secara tidak langsung kamu pun akan selalu berpikiran positif.

Begini Cara Mudah Mengatasi Stres

Melansir dari Healthline, ada beberapa cara mudah menghadapi stres yang bisa kamu coba:

1. Cara mudah mengatasi stres dengan menerapkan pola makan sehat

Apapun yang kamu konsumsi mampu  memengaruhi setiap aspek kesehatan, termasuk kesehatan mental. Kurang mengonsumsi makanan bernutrisi nyatanya dapat meningkatkan risiko kekurangan nutrisi yang penting untuk mencegah stres dan mengatur suasana hati.

2. Cara mudah mengatasi stres dengan mengurangi penggunaan gadget

Smartphone, komputer, dan tablet adalah bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang. Meskipun perangkat ini amat diperlukan, menggunakannya terlalu sering faktanya dapat meningkatkan tingkat stres.

Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar ternyata berkaitan dengan kesejahteraan psikologis yang lebih rendah dan peningkatan tingkat stres pada orang dewasa dan anak-anak. Selain itu, waktu layar dapat memengaruhi waktu tidur yang juga dapat menyebabkan peningkatan tingkat stres.

3. Batasi Asupan Kafein

Kafein adalah bahan kimia yang ditemukan dalam kopi, teh, cokelat, dan minuman energi yang merangsang sistem saraf pusat. Mengkonsumsi terlalu banyak kafein dapat memperburuk dan meningkatkan perasaan cemas dan mengganggu waktu tidur. Pada gilirannya, hal ini dapat meningkatkan gejala stres dan kecemasan.

4. Habiskan Waktu Bersama Teman dan Keluarga

Dukungan sosial dari teman dan keluarga dapat membantu seseorang dalam melewati masa-masa stres dan mengatasi stres. Sebuah penelitian pada 163 orang dewasa menunjukan bahwa mereka yang mendapatkan dukungan dari teman, keluarga, dan pasangan akan mengalami pengurangan rasa kesepian, gejala depresi, dan stres 

5. Tidur Cukup

Kamu pasti sudah sering mendengar kaitan antara kurang tidur dengan stres. Ternyata, seseorang yang kurang tidur dapat mengalami serangkaian masalah fisik sampai mental. Kurangnya waktu tidur juga ternyata mampu memperburuk stres yang ada.

6. Bantu dengan Berpikiran Positif

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nature menemukan fakta bahwa saat seseorang membayangkan hal yang bahagia yang akan terjadi di masa depan, maka secara tidak langsung ia telah mengaktifkan bagian otak yang berkaitan dengan perasaan positif dan mengurangi positif.

Dalam penelitian yang menganalisa 29 studi dengan lebih dari 3.330 subjek penelitian, John Malouff menemukan bahwa akan ada manfaat yang didapat jika seseorang memiliki bayangan tentang sosok terbaik dirinya sendiri dan berencana untuk menjadi “sosok” yang dibayangkan tersebut. Mereka akan mengalami peningkatan rasa optimis dalam diri.

Hal ini didukung oleh studi tahun 2011 di Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry. Dalam penelitian tersebut ditemukan fakta bahwa seseorang yang menghabiskan lima menit sehari untuk memikirkan dirinya menjadi sosok yang terbaik, maka ia dapat meningkatkan rasa positif rata-rata 17 persen.

Itulah cara mudah mengatasi stres yang bisa kamu coba sendiri. Apabila mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Jangan tunda untuk mendapatkan solusi terbaik, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 16 Simple Ways to Relieve Stress.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Stress relievers: Tips to tame stress.