• Home
  • /
  • Ketahui Kalori dari Makanan Bersantan Ini

Ketahui Kalori dari Makanan Bersantan Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ketahui Kalori dari Makanan Bersantan Ini

Halodoc, Jakarta - Saat lebaran tiba, semua orang akan saling meminta maaf atas kesalahan yang pernah dilakukan. Meskipun tahun ini tidak dapat saling berjabat tangan langsung, kamu dapat bertatap muka secara online. Selain itu, beberapa orang juga sudah mempersiapkan hidangan lebaran agar lebih semarak.

Beberapa makanan yang umumnya disiapkan ketika lebaran adalah makanan yang menggunakan bahan dasar santan. Makanan tersebut antara lain opor ayam, gulai, ketupat sayur, hingga rendang. Rasa yang nikmat sangat cocok untuk merayakan kemenangan. Namun, penting untuk selalu memperhatikan kalori yang terdapat pada makanan bersantan. Berikut ulasannya!

Baca juga: Ini Batas Aman Konsumsi Makanan Bersantan Setiap Hari

Kandungan Kalori pada Makanan Bersantan

Setelah satu bulan lamanya menahan haus dan lapar di sepanjang siang hari, keinginan untuk balas dendam pun muncul. Saat tiba lebaran, tidak sedikit orang yang makan sebanyak yang diinginkan sehingga kalori yang masuk ke tubuh terlalu banyak. Padahal, penting untuk membatasi nafsu makan yang berlebih agar semua yang telah dicapai saat puasa tidak sirna seketika.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui jumlah kalori yang masuk ke tubuh agar dapat membatasinya. Setiap orang mempunyai batas aman dari kandungan lemak jenuh dari batas kebutuhan harian sekitar 6 persen. Apabila kebutuhan harian kamu 1000 kalori, maka batas aman untuk konsumsi lemak jenuh sebanyak 60 kalori per harinya.

Terlebih lagi, semua makanan lebaran terbuat dari santan dengan sebagian besar kalorinya adalah lemak. Penting untuk membatasinya agar kolesterol dalam tubuh tidak bertambah banyak. Mari melakukan perhitungan seberapa banyak kalori dari hidangan lebaran kamu yang dikonsumsi. Berikut rangkumannya:

  1. Opor Ayam

Salah satu makanan terbuat dari santan yang kerap disajikan saat Lebaran adalah opor ayam. Makanan ini mengandung kalori yang sangat tinggi karena bahan dasarnya dan daging ayam di dalamnya. Makanan bersantan tersebut mencapai sekitar 392 kalori, dengan kandungan lemak 20 gram, karbohidrat 13,5 gram, hingga protein yang mencapai hampir 40 gram.

Kamu mungkin telah memenuhi batas konsumsi lemak jenuh dalam sehari dengan makan satu porsi dari opor ayam. Maka dari itu, cobalah untuk benar-benar membatasi asupan agar kesehatan tubuh terjaga dan kolesterol tetap di ambang normal. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir dengan gangguan yang dapat terjadi di masa depan.

Baca juga: Bahaya di Balik Menu Buka Puasa Bersantan

  1. Lontong Sayur

Makanan bersantan lainnya yang memiliki kandungan kalori tinggi dan kerap dihidangkan saat Lebaran adalah lontong sayur. Jenis makanan ini sedikit lebih sehat karena terdapat sayuran di dalamnya. Jumlah kalori yang terdapat pada lontong sayur mencapai 357 per satu mangkok. Dengan tambahan kandungan, seperti lemak sekitar 8 gram, karbohidrat 59 gram, dan protein mencapai 11 gram.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait jumlah kalori yang terdapat dalam makanan santan yang dikonsumsi saat Lebaran. Dengan bertanya tentang semua asupan makanan yang masuk ke tubuh, kesehatan jadi lebih terjaga. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

  1. Rendang

Beberapa keluarga juga menyiapkan rendang sebagai salah satu makanan yang kerap disajikan ketika Lebaran. Makanan dengan bahan dasar daging dicampur santan tersebut terbilang memiliki kandungan kalori yang tinggi. Pada makanan bersantan tersebut terkandung sekitar 195 kalori per 100 gram, dengan tambahan kandungan lemak 11 gram, karbohidrat 4 gram, serta protein sebesar 19 gram.

Baca juga: Lebaran di Rumah, Ini Tips Sajikan Makanan Sehat dan Lezat

Itulah beberapa fakta terkait kalori yang terkandung di dalam makanan bersantan tersebut. Penting untuk mengetahui hal tersebut dan membatasi konsumsinya agar tidak melewati kebutuhan lemak jenuh di tubuh. Saat berlebihan, bukan tidak mungkin gangguan kolesterol pada tubuh kamu dapat kambuh.

Referensi:
NDTV. Diakses pada 2020. Count Your Calories: Here's How Your Average Indian Lunch Thali Features On The Calorie Chart.
My Fitness Pal. Diakses pada 2020. Nutrition Facts Calories.