• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Lemon untuk Kecantikan

Ketahui Manfaat Lemon untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Manfaat Lemon untuk Kecantikan

“Lemon merupakan sejenis jeruk yang sering digunakan untuk bahan makanan dan minuman. Namun, kegunaan lemon bukan itu saja. Buah ini ternyata juga punya segudang manfaat kecantikan lho. Kamu bisa menggunakan lemon untuk mencerahkan kulit, mencegah ketombe dan membuat rambut tampak berkilau.”

Halodoc, Jakarta – Kulit adalah bagian terluar tubuh yang sangat rentan mengalami masalah. Oleh karenanya, penting untuk merawat kulit supaya tetap bersih dan sehat. Kamu sebenarnya tidak perlu membeli produk-produk mahal untuk menjaga kesehatan kulit. Bahan-bahan alami dari tumbuhan, buah-buahan, dan rempah-rempah bisa kamu manfaatkan untuk merawat kulit. 

Lemon misalnya, buah sejenis jeruk ini ternyata punya manfaat kecantikan yang luar biasa. Tidak hanya dipakai untuk bahan membuat minuman dan makanan, lemon bisa kamu jadikan masker untuk mencerahkan kulit maupun mencegah ketombe. Nah, berikut berbagai manfaat lemon yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: 5 Perawatan Kecantikan Wanita Setiap Hari

Manfaat Lemon untuk Kecantikan

Lemon merupakan buah-buahan yang biasa tersedia di rumah atau mudah kamu dapatkan di pasar maupun swalayan. Selain murah dan mudah diperoleh, lemon mampu memberikan manfaat kecantikan berikut ini:

1. Eksfoliasi Kulit

Lemon sangat kaya vitamin dan nutrisi terutama vitamin C. Buah ini bisa dijadikan eksfoliator karena memiliki sifat membersihkan. Lemon dapat membersihkan dan menghidrasi hingga menghilangkan komedo dan kulit-kulit mati yang tertinggal di kulit. Cukup potong lemon menjadi dua bagian dan gosokkan ke seluruh wajah selama lima menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

2. Meratakan Warna Kulit

Asam dalam jus lemon ternyata dapat membantu mengurangi munculnya bekas jerawat pada kulit. Bukan itu saja, minyak dalam lemon juga membantu vitamin esensial menembus kulit lebih mudah, sehingga membuat kulit lebih cepat sembuh dari jerawat yang meradang. Peras jus lemon ke bola kapas, lalu gosokkan di sepanjang wajah sebelum dibilas dengan air dingin.

3. Mencerahkan Kuku

Campurkan tiga sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan jus lemon untuk membuat  kuku tampak lebih cerah. Asam dari lemon membantu membersihkan penumpukan sel kulit mati pada kuku, sehingga membuatnya lebih putih. Minyak zaitun bantu menghidrasi kuku supaya tidak terlalu kering.

Baca juga: Uniknya 5 Mitos Kecantikan di Dunia Ini

4. Mencerahkan Rambut

Setiap wanita, pasti ingin memiliki rambut yang hitam dan berkilau. Tak perlu membeli shampo mahal, kamu bisa menggunakan lemon untuk membuat rambut lebih berkilau lho! Campur jus lemon segar dengan air hangat kemudian masukan ke dalam botol. Setelah itu, semprotkan jus lemon ke seluruh rambut. Kemudian, duduklah di bawah sinar matahari hingga satu jam untuk mendapatkan hasil terbaik. Saat bereaksi dengan matahari, asam dalam jus lemon dapat membuat rambut lebih berkilau.  

5. Melembutkan Siku yang Kering

Sama seperti lemon yang dapat digunakan sebagai exfoliator untuk wajah, siku yang kering dan kasar juga bisa diatasi dengan buah yang satu ini. Tambahkan jus lemon ke baking soda sampai membentuk adonan pasta. Gosokkan ke siku untuk menggosok kulit mati yang kering. Bilas dengan air dan lebih banyak jus lemon. Setelah selesai, keringkan dengan handuk lalu gunakan losion atau minyak zaitun untuk melembapkannya.

6. Mengurangi Ketombe

Ketombe yang membandel pastinya menurunkan kepercayaan diri kamu. Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan lemon untuk membasmi ketombe yang membandel. Campurkan air, potongan jahe, jus lemon, dan minyak zaitun untuk dijadikan masker rambut. Diamkan beberapa menit sampai mengering. Setelah kering, bilas dan keramas sampai bersih dari masker. Masker rambut ini dapat membantu memperlambat pergantian sel dan mengurangi jumlah pengelupasan kulit kepala. 

Baca juga: Perawatan yang Bisa Dilakukan di Klinik Kecantikan

Jika kamu membutuhkan obat-obatan tertentu, beli saja di toko kesehatan Halodoc. Tak perlu ke luar rumah, tinggal klik lalu pesanan akan langsung diantar ke tempatmu. Mudah sekali bukan? Yuk, download sekarang!

Referensi:
Good Housekeeping. Diakses pada 2021. 7 Who-Knew Beauty Uses for Lemons.
Healthline. Diakses pada 2021. Are There Benefits to Using Honey and Lemon on Your Face?