• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Meditasi Mampu Redakan Nyeri Punggung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Meditasi Mampu Redakan Nyeri Punggung

Ketahui Manfaat Meditasi Mampu Redakan Nyeri Punggung

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 Maret 2022

“Meditasi dapat mengobati rasa sakit dari setiap tingkat dan mengurangi kecemasan seputar rasa sakit. Selain itu, meditasi juga bisa membuat pengidapnya lebih rileks serta mengendalikan kondisi emosional dan rasa nyerinya.”

Ketahui Manfaat Meditasi Mampu Redakan Nyeri Punggung

Halodoc, Jakarta – Mungkin kamu sudah sering mendengar bagaimana meditasi bisa meredakan nyeri punggung. Bisa jadi kamu bertanya-tanya seperti apa sistem kerja meditasi terhadap membaiknya rasa sakit di punggung.

Sederhananya, mengembangkan fokus dan kemampuan lewat meditasi dapat mengalihkan pikiran dari rasa sakit dan ke sesuatu yang lebih menenangkan, sehingga membantu mengurangi ketidaknyamanan. Meditasi juga dapat mengurangi kondisi yang menyertai nyeri punggung seperti kecemasan dan stres. Informasi selengkapnya baca di sini!

Meditasi Mengubah Cara Pandang Akan Rasa Sakit

Pada dasarnya meditasi adalah upaya menyadari sensasi tubuh, pikiran, dan emosi tanpa berusaha mengubahnya. Penelitian neurologis telah menunjukkan bagaimana tubuh dan pikiran benar-benar saling terkait. Cara berpikir dapat memengaruhi respons terhadap rasa sakit. 

Meditasi membantu orang mengelola pikiran dan emosinya, sehingga secara tidak langsung dapat membantu pengidap nyeri punggung mengelola rasa sakitnya. Menurut The American College of Physicians, meditasi termasuk dalam terapi perilaku kognitif dan direkomendasikan kepada dokter untuk mempertimbangkannya sebagai bagian dari perawatan nyeri punggung. 

Inti dari terapi perilaku kognitif adalah mencoba membantu orang membingkai ulang cara mereka berpikir tentang rasa sakit sebagai sesuatu yang mengerikan dan akan menghancurkan hidupnya. Pembingkaian ulang ini bisa dilakukan lewat meditasi. 

Terapi perilaku kognitif, dalam hal ini meditasi, dapat membantu seseorang melewati penyakit kronis yang dihadapinya. Tidak hanya nyeri punggung, tetapi juga nyeri leher, bahu, radang sendi, dan fibromyalgia. 

Menurut sebuah penelitian berjudul “Brain Mechanisms Supporting the Modulation of Pain by Mindfulness Meditation” yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health, meditasi memungkinkan pengidap nyeri kronis untuk mengendalikan penyakit yang telah lama mengendalikan mereka dan kualitas hidupnya. 

Berbeda dengan obat pereda nyeri, meditasi mengatasi rasa sakit dari aspek psikologis dan sosial. Meditasi dapat mengobati rasa sakit dari setiap tingkat dan mengurangi kecemasan seputar rasa sakit, yang membuat pengidapnya lebih rileks, dan bisa mengendalikan kondisi emosional dan rasa nyerinya. 

Apa yang Harus Dilakukan saat Nyeri Punggung?

Selain meditasi, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi nyeri punggung. Tetap aktif adalah satu hal yang direkomendasikan untukmu. Tidur atau duduk berbaring saja hanya akan memperparah sakit punggungmu.

Kemudian, cobalah untuk melakukan latihan dan peregangan untuk sakit punggung, seperti berjalan, berenang, yoga, dan pilates. Gunakan kompres panas dan dingin untuk diletakkan ke area yang sakit. 

Sakit punggung biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Kamu mungkin perlu menemui dokter jika:

  • Rasa sakit tidak mulai membaik dalam beberapa minggu.
  • Rasa sakit membuat kamu tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari. 
  • Nyeri yang sangat parah atau semakin parah seiring waktu.

Itulah yang perlu kamu ketahui tentang meditasi dan pengaruhnya dalam meredakan penyakit punggung. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai kondisi ini, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbincang dengan dokter. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa lho cek kebutuhan kesehatanmu. Praktis kan? Download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Meditation May Help Ease Chronic Low Back Pain.
CNN. Diakses pada 2022. Can meditation banish back pain?
National Institutes of Health. Diakses pada 2022. Brain Mechanisms Supporting the Modulation of Pain by Mindfulness Meditation.
SpineNation. Diakses pada 2022. Can Meditation Reduce Chronic Back Pain?