• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Mengonsumsi Daun Jambu Biji
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Mengonsumsi Daun Jambu Biji

Ketahui Manfaat Mengonsumsi Daun Jambu Biji

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 Januari 2022

“Siapa sangka selain buahnya, daun jambu biji juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun jambu biji mengandung antioksidan, vitamin C, potasium, dan serat yang dibutuhkan tubuh. Manfaat daun jambu biji salah satunya meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.”

Ketahui Manfaat Mengonsumsi Daun Jambu Biji

Halodoc, Jakarta – Jambu biji adalah buah tropis asal Amerika Tengah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buahnya berbentuk oval dengan kulit hijau muda atau kekuningan. Daging buah jambu biji mengandung biji yang dapat dimakan. Selain dagingnya, daun jambu biji juga dapat dikonsumsi. Daun jambu biji sering digunakan sebagai teh herbal dan ekstrak daunnya sebagai vitamin dan suplemen.

Buah dan daun jambu biji mengandung kaya antioksidan, vitamin C, potasium, dan serat. Kandungan nutrisi yang luar biasa dari daun jambu biji memberi banyak manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat daun jambu biji yang dapat dirasakan:

  1. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa bukti menunjukkan manfaat daun jambu biji dapat meningkatkan kontrol gula darah, kontrol gula darah jangka panjang, dan resistensi insulin. Hal ini adalah kabar baik bagi pengidap diabetes atau mereka yang berisiko. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat daun jambu biji dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Banyak ilmuwan percaya bahwa antioksidan dan vitamin dalam daun jambu biji dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, ekstrak daun jambu biji dapat menurunkan tekanan darah, penurunan kolesterol LDL “jahat”, dan peningkatan kolesterol HDL “baik”.

  1. Meringankan Gejala Menstruasi yang Menyakitkan

Banyak wanita mengalami dismenore, gejala nyeri haid seperti kram perut. Namun, ada beberapa bukti bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas nyeri kram menstruasi. Manfaat daun jambu biji juga dapat membantu meredakan kram rahim.

  1. Baik untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat daun jambu biji baik untuk kesehatan pencernaan. Melansir dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji bersifat antimikroba. Artinya sifat ini dapat menetralkan mikroba berbahaya di usus yang dapat menyebabkan diare. 

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi buah dan ekstrak daun jambu biji juga dapat membantu penurunan berat badan. Hal ini berkat kandungan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Saat menjalani program penurunan berat badan, tubuh pun tidak kehilangan nutrisi penting. 

Itulah beberapa manfaat daun jambu biji yang perlu diketahui. Saat ini ekstrak daun jambu biji juga dikemas menjadi suplemen makanan. Sebelum mengonsumsinya, sebaiknya tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc terlebih dulu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Health Benefits of Guava Fruit and Leaves
WebMD. Diakses pada 2021. Guava Leaf Tea: Is It Good for You?