• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Sehat Mengonsumsi Rumput Laut

Ketahui Manfaat Sehat Mengonsumsi Rumput Laut

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan rumput laut? Bagi kamu yang menyukai sushi tentu sudah tidak asing lagi dengan rumput laut. Sesuai dengan namanya, tanaman ini banyak di budidaya di laut khususnya perairan yang tenang. Hasil budidaya rumput laut banyak dijadikan bahan dasar makanan karena nutrisinya yang cukup tinggi. Sebelum mengonsumsinya, ketahui sejumlah manfaat rumput laut di bawah ini, yuk.

Baca juga: 3 Jenis Sayur yang Ampuh Atasi Sembelit Saat Puasa

Manfaat Rumput Laut yang Perlu Diketahui 

Rumput laut memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi yang dapat bermanfaat untuk kesehatan ketika dikonsumsi, seperti serat, mineral, dan vitamin. Bukan hanya lezat, mengonsumsi rumput laut dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Memperlambat Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat rumput laut yang pertama adalah memperlambat pertumbuhan sel kanker. Dari hasil penelitian yang dilakukan, rumput laut memiliki kandungan baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Bukan itu saja, rumput laut juga dinilai efektif dalam mengatasi tumor ganas dan leukemia. Rumput laut juga cukup efektif untuk mengatasi penyakit kanker payudara.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Manfaat rumput laut selanjutnya adalah mempercepat proses penyembuhan luka. Dari hasil penelitian yang dilakukan, beberapa jenis rumput laut memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri. Kandungan tersebut ampuh dalam mengatasi iritasi pada kulit. Rumput laut mengandung tinggi vitamin K yang dapat membantu tubuh mempercepat proses pembekuan darah pada luka. Hal tersebut membuat luka lebih cepat mengering.

3. Menjaga Asupan Air dalam Tubuh

Menjaga asupan air dalam tubuh menjadi manfaat rumput laut selanjutnya. Budidaya rumput laut yang dilakukan pada perairan laut membuat kandungan garam pada tanaman tersebut cukup tinggi. Kandungan garam yang terdapat pada rumput laut dapat membantu menjaga asupan air dalam tubuh. Hal tersebut dapat mencegah kamu dehidrasi. Namun, jangan lupa untuk tetap rutin mengonsumsi air putih secukupnya setiap hari, ya.

Baca juga: Benarkah Rutin Makan Pepaya Bisa Menyembuhkan Wasir?

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Salah satu kandungan yang cukup tinggi pada rumput laut adalah serat. Jika kandungan serat dalam tubuh terpenuhi dengan baik, kamu akan terhindar dari gangguan kesehatan pencernaan, seperti sembelit atau konstipasi. Meski sehat, jangan dikonsumsi terlalu banyak, karena dapat memicu terjadinya diare.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dari hasil penelitian yang dilakukan, mengonsumsi rumput laut secara rutin dapat membantu menurunkan menurunkan berat badan. Hal tersebut terjadi karena kandungan serat yang cukup tinggi dalam rumput laut. Serat dalam tubuh mampu mempertahankan rasa kenyang, sehingga lapar dapat tertunda. Saat waktunya makan, kamu tidak akan mengonsumsinya secara berlebihan.

Baca juga: Sayuran Hidroponik, Bercocok Tanam Kekinian di Masa Pandemi

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika rutin mengonsumsi rumput laut. Namun, sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi rumput laut karena dapat menyebabkan kelebihan yodium dalam tubuh. Seimbangkan nutrisi dari rumput laut dengan makanan bergizi lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat dan dampak buruknya, kamu bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Surprising Health Benefits of Eating Seaweed
Medical News Today. Diakses pada 2021. What Are the Benefits of Seaweed
National Oceanic and Atmospheric Administration. Diakses pada 2021. What is Seaweed?