• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Pantangan untuk Pengidap Kanker Payudara

Ketahui Pantangan untuk Pengidap Kanker Payudara

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Kanker payudara menjadi momok mengerikan bagi seluruh kaum wanita di dunia. Kanker jenis ini berkembang dan tumbuh secara abnormal pada sel-sel payudara wanita. Sel-sel kanker dengan ganasnya membelah diri dan menyebar cepat membentuk sebuah benjolan. Setelah proses diagnosis kanker payudara selesai, kamu disarankan untuk melakukan beberapa langkah ini.

Baca juga: Deodoran Bisa Sebabkan Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?

Pantangan Pengidap Kanker Payudara yang Harus Dihindari

Setelah didiagnosis dengan penyakit kanker payudara, tentu ada beberapa macam pantangan yang harus dilakukan guna menunjang proses pengobatan. Sebagian besar pantangan pengidap kanker payudara datang dari beragam jenis makanan dan minuman. Berikut ini sejumlah makanan dan minuman yang menjadi pantangan pengidap kanker payudara:

1. Alkohol 

Alkohol menjadi salah satu pantangan pengidap kanker payudara. Hal tersebut dikarenakan, kandungan dalam alkohol berpotensi memperparah kanker yang dialami. Alkohol mampu meningkatkan kadar estrogen dan hormon lainnya yang berkaitan dengan kanker payudara. Selain itu, alkohol juga mampu meningkatkan risiko kanker payudara dengan merusak DNA dalam sel.

Saat karsinogen yang ada dalam alkohol tidak hilang di dalam tubuh, zat tersebut dapat memicu perubahan genetik dan struktur DNA dalam sel. Nah, hal tersebut yang menyebabkan kanker menjadi bertambah parah, atau bisa saja muncul masalah kanker baru di bagian tubuh lainnya. Jadi, sebaiknya hal yang satu ini jangan dilanggar, ya.

2. Makanan dengan Kandungan Lemak

Pantangan pengidap kanker payudara selanjutnya adalah makanan dengan kandungan lemak. Jika sering mengonsumsinya, lemak jenuh dapat memicu pertumbuhan kanker, serta membuat kondisi yang kamu alami semakin bertambah parah. Beberapa makanan dengan kandungan lemak jenuh yang perlu dihindari, yaitu paha ayam, daging asam, krim dari susu, mentega, margarin, gorengan, makanan cepat saji, kuning telur, dan juga jeroan.

Baca juga: Benarkah Ibu Menyusui Tidak Berisiko Terkena Kanker Payudara?

3. Sayuran Mentah 

Sayuran mentah memang mengandung banyak nutrisi. Namun, makanan yang satu ini menjadi pantangan para pengidap kanker payudara. Mengonsumsi sayuran mentah membuat bakteri dalam sayur masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut otomatis dapat mengurangi jumlah sel darah putih yang berujung menurunkan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang telah diketahui bersama, proses pengobatan kanker payudara seperti kemoterapi, membutuhkan sistem kekebalan tubuh yang tinggi untuk menunjang proses pengobatan.

4. Makanan dengan Proses Pembakaran atau Pengawetan

Pantangan yang harus dihindari selanjutnya adalah mengonsumsi makanan dari proses pembakaran atau pengawetan. Bukan hanya pengidap kanker payudara saja, makanan jenis ini juga perlu dihindari pengidap kanker lainnya. Makanan yang diolah dengan dibakar atau diawetkan mengandung senyawa kimia, yang dapat berubah menjadi karsinogenik, yaitu senyawa penyebab kanker. 

Baca juga: Benarkah Memakai Bra Kawat Tingkatkan Risiko Kanker Payudara?

Itulah beberapa pantangan pengidap kanker payudara yang perlu dihindari untuk menunjang proses pengobatan yang dilakukan. Proses pengobatannya sendiri akan tergantung pada seberapa parah kanker telah menyebar, serta kondisi kesehatan masing-masing pengidap.

Beberapa upaya pengobatan yang dilakukan, di antaranya terapi radiasi, terapi hormon, kemoterapi, serta prosedur bedah. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan seputar pantangan pengidap kanker payudara, atau proses pengobatannya sendiri, kamu bisa diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Dietary choices to help prevent breast cancer.
Healthline. Diakses pada 2021. Breast Cancer and Nutrition: Tips for Maintaining a Healthy Diet.
Cancer.org. Diakses pada 2021. Can I Lower My Risk of Breast Cancer Progressing or Coming Back?