Ketahui Penanganan Pertama Patah Tulang Selangka di Rumah

Ketahui Penanganan Pertama Patah Tulang Selangka di Rumah

Halodoc, Jakarta - Tulang selangka terdapat di antara bagian atas tulang dada atau sternum dan tulang belikat atau scapula. Tulang ini membantu menghubungkan lengan ke tubuh bagian lainnya. Kamu bisa merasakan eksistensi tulang ini dengan menyentuh area leher dan bahu.

Patah tulang selangka biasanya terjadi karena hantaman keras pada bagian bahu atau terjatuh dengan posisi lengan terentang. Ketika hal tersebut terjadi, kamu bisa merasakannya dengan jelas. Kamu merasakan nyeri pada bagian bahu diikuti dengan terjadinya pembengkakan, bahu terasa kendor, dan perasaan seperti merosot ketika mencoba untuk mengangkat lengan atau bahu.

Bagaimana Penanganan Pertama pada Patah Tulang Selangka?

Mengalami patah tulang selangka pasti akan terasa menyakitkan, terlebih jika terjadi pembengkakan pada area tersebut. Tidak hanya itu, ini juga membuat kamu kesulitan untuk menggerakkan bahu dan lengan. Namun, kamu tidak perlu panik, segera lakukan tindakan penanganan pertama berikut ini untuk mengurangi rasa sakitnya.

Baca juga: Kenali Gejala dan Pengobatan Patah Tulang Selangka

  • Kompres dengan es batu. Untuk membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada area tulang selangka yang mengalami patah, kamu bisa mengambil es batu atau air dingin dan handuk. Kompreskan pada area luka setidaknya dua hingga tiga hari pertama setelah kamu mengalami cedera. Hindari menempelkan langsung es batu pada kulit, ya!

  • Stabilkan lengan. Kamu mungkin dianjurkan untuk tidak menggunakan lengan yang terhubung dengan tulang selangka yang terluka. Ini bisa membantu mengurangi rasa sakit dan menjaga tulang pada posisi normal ketika sembuh.

  • Fisioterapi atau terapi fisik. Lengan yang tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama akan membuat otot kehilangan kekuatannya. Ini artinya, kamu memerlukan terapi fisik atau fisioterapi untuk membiasakan kembali menggerakkan sendi dan tulang pada area yang terluka.

  • Penggunaan obat-obatan. Obat yang biasa digunakan adalah jenis asetaminofen (tylenol) atau ibuprofen yang membantu untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan dari dalam. Namun, jika patah tulang selangka menyebabkan terjadinya kerusakan kulit, kamu mungkin memerlukan pembedahan.

Baca juga: Orangtua Perlu Tahu, Masa Penyembuhan Patah Tulang Selangka pada Anak

Berapa Lama Hingga Akhirnya Pulih dari Patah Tulang Selangka?

Mungkin, dibutuhkan waktu sekitar 12 minggu untuk pulih dari patah tulang selangka yang kamu alami. Namun, lama waktu pemulihan ini bervariasi untuk setiap orang. Kamu dinyatakan siap untuk kembali beraktivitas jika:

  • Kamu sudah bisa menggerakkan lengan dan bahu tanpa disertai rasa sakit. Kaku mungkin terjadi, tetapi dengan latihan gerakan rutin hal ini bisa berkurang.

  • Kamu telah melalui pemeriksaan rontgen dan dokter menyatakan kamu bisa kembali beraktivitas normal.

Selalu ingat, jangan pernah terburu-buru untuk kembali melakukan aktivitas berat, seperti misalnya berolahraga. Pasalnya, tulang selangka yang belum sepenuhnya sembuh atau baru saja pulih dan telah kamu pakai untuk aktivitas berat, bukan tidak mungkin akan kembali patah atau bahkan lebih buruk.

Baca juga: Setelah Patah Tulang Selangka, Ini Proses Penyembuhannya Kembali

Jadi, ada baiknya kamu bertanya pada dokter kapan waktu yang tepat untuk bisa beraktivitas kembali setelah mengalami patah tulang selangka. Jangan beralasan tidak sempat ke dokter, karena tanya jawab dengan dokter ahli bisa kamu lakukan melalui aplikasi Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc di ponsel kamu, dan kamu akan menemukan banyak manfaat untuk menunjang hidup lebih sehat.