Ketahui Pengobatan Patah Tulang Belakang di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
ketahui-pengobatan-patah-tulang-belakang-di-rumah-halodoc

Halodoc, Jakarta – Siapa saja bisa mengalami patah tulang belakang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya karena terjatuh, cedera saat berolahraga, atau mengalami kecelakaan mobil. Pengobatan untuk patah tulang belakang sendiri pun tergantung tingkat keparahan kondisi yang kamu alami.

Selain pengobatan medis, ada juga beberapa tindakan pengobatan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah untuk membantu mempercepat pemulihan patah tulang belakang. Mau tahu apa saja? Simak selengkapnya di sini.

Apa Itu Patah Tulang Belakang?

Patah tulang belakang adalah kondisi di mana tulang belakang patah. Tulang belakang dibentuk oleh vertebra yang saling menumpuk. Sama seperti tulang lain di dalam tubuh, vertebra pada tulang belakang juga bisa patah. Namun, patah tulang belakang bisa jauh lebih parah daripada patah tulang lainnya di tubuh, karena patah tulang belakang bisa menyebabkan trauma pada saraf tulang belakang.

Penyebab Patah Tulang Belakang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, patah tulang biasanya terjadi akibat trauma atau kondisi yang bisa melemahkan tulang, seperti jatuh, olahraga, kecelakaan mobil, dan tindakan kekerasan. Kejadian traumatis tersebut bisa memberikan terlalu banyak tekanan pada tulang belakang, sehingga vertebra yang tidak kuat menahan gaya tersebut akan patah.

Selain itu, trauma juga bisa menyebabkan tubuh untuk bergerak secara ekstrem, misalnya kecelakaan menyelam bisa menyebabkan leher menekuk terlalu jauh ke belakang. Akibatnya, vertebra akan retak sewaktu mencoba untuk menahan tekanan ekstrem yang tidak biasa tersebut.

Bila retak, vertebra berisiko untuk terus kolaps. Jadi, kejadian traumatis awal mungkin tidak menyebabkan tulang untuk kolaps begitu parahnya, tapi seiring berjalannya waktu, keretakan tersebut bisa semakin memburuk.

Beberapa kondisi berikut juga bisa melemahkan tulang, sehingga menyebabkan tulang mudah patah:

Kenali Tanda-Tanda atau Gejala Patah Tulang Belakang

Gejala patah tulang belakang yang dialami tiap pengidap bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung pada tingkat keparahan dan lokasi terjadinya cedera. Gejala patah tulang belakang umumnya meliputi:

  • Rasa nyeri pada punggung atau leher,

  • Mati rasa,

  • Kesemutan,

  • Kejang otot,

  • Kelemahan otot,

  • Susah buang air kecil atau buang air besar,

  • Kelumpuhan.

Kelumpuhan yaitu hilangnya gerakan lengan atau kaki bisa mengindikasikan cedera saraf tulang belakang. Namun, tidak semua patah tulang belakang pasti menyebabkan cedera saraf tulang belakang dan saraf tulang belakang jarang benar-benar patah sepenuhnya.

Baca juga: Alasan Patah Tulang Belakang Bisa Sebabkan Kelumpuhan

Pengobatan Patah Tulang Belakang di Rumah

Setelah menjalani pengobatan, kamu perlu melakukan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan secara rutin agar patah tulang belakang bisa cepat sembuh:

  • Perbanyak mengonsumsi asupan vitamin D, kalsium, dan protein yang baik untuk mempercepat proses pemulihan patah tulang belakang. Bila perlu, minum suplemen untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan tulang tersebut. Luangkan waktu juga untuk berjemur di bawah matahari untuk mendapatkan vitamin D.

Baca juga: Jangan Takut Matahari Ini Manfaatnya Berjemur

  • Berolahragalah secara rutin, seperti berjalan, berlari, dan bermain tenis. Ini adalah gaya hidup yang bisa membantu memperkuat tulang dalam jangka panjang.

  • Amankan lingkungan rumah kamu dengan menyingkirkan hambatan yang bisa menyebabkan kamu terjatuh. Saat mengendarai mobil, menyetirlah dengan hati-hati untuk mengurangi risiko kecelakaan mobil.

  • Kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan osteoporosis bagi kamu yang mengidap penyakit tulang tersebut. Penting juga untuk mencari saran kesehatan bila mengalami menopause dini.

Baca juga: Ini Alasan Wanita Menopause Bisa Idap Patah Tulang Belakang

  • Latih keseimbangan kamu dengan melakukan olahraga angkat beban dengan menggunakan lengan dan kaki. Dengan begitu, kamu juga bisa meningkatkan kekuatan otot lengan dan kaki kamu.

  • Berhenti merokok dan kurangi asupan alkohol.

Nah, itulah pengobatan untuk patah tulang belakang yang bisa dilakukan di rumah. Bila kamu mengalami gejala yang dicurigai sebagai gejala patah tulang belakang, coba bicarakan saja pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.