Ketahui Prosedur Panoramic untuk Implan Gigi

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ketahui Prosedur Panoramic untuk Implan Gigi

Halodoc, Jakarta – Ketika kamu mengalami gangguan pada kesehatan gigi, ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk memastikan penyebab pada gangguan kesehatan gigi yang dialami. Salah satunya adalah radiografi panoramic atau rontgen panoramic. 

Baca juga: Inilah Keuntungan Pemeriksaan dengan Panoramic Gigi

Rontgen panoramic adalah pemeriksaan yang dilakukan secara dua dimensi dengan hasil tangkapan gambar satu mulut. Pada hasil tangkapan gambar satu mulut akan terlihat seluruh bagian dari mulut, seperti gigi, rahang, struktur, dan jaringan di sekitarnya. Tidak ada salahnya ketahui prosedur yang dilalui ketika melakukan rontgen panoramic.

Inilah Prosedur Panoramic

Pemeriksaan dengan rontgen panoramic membantu dokter untuk mengetahui penyebab permasalahan gigi yang dialami. Tidak hanya itu, melakukan pemeriksaan panoramic dokter mengetahui kelainan yang terjadi pada periodontal, tumor rahang, kanker rahang, kista pada tulang rahang, dan kelainan lainnya yang berkaitan dengan kondisi kesehatan mulut.

Ketahui penyebab masalah pada gigi dan mulut, pemeriksaan dengan rontgen panoramic dapat dilakukan ketika seseorang merencanakan perawatan gigi seperti penggunaan gigi palsu, kawat gigi, cabut gigi atau pemasangan implan gigi.

Ketahui prosedur pemeriksaan rontgen panoramic nyatanya dilakukan dengan bantuan sinar X. Sinar X adalah bentuk radiasi seperti cahaya dan gelombang radio yang melewati objek tertentu, seperti tubuh. Alat untuk rontgen diarahkan menuju area mulut dan gigi yang akan diperiksa, setelah itu mesin rontgen menangkap gambar melalui ledakan kecil radiasi yang melewati objek pemeriksaan. 

Selama pemeriksaan berlangsung, kamu menggunakan apron dan bite holder. Pada saat proses rontgen, pasien diminta untuk menutup bibir dan menekan lidah. Usahakan jangan bergerak terlalu banyak agar tidak mengganggu hasil rontgen. Kemudian, proses ini menghasilkan gambar satu sisi rahang hingga berujung pada bagian rahang yang lain.

Baca juga: Jaga Kesehatan Gigi, Ini Beda Panoramic dan Periapical

Biasanya hasil gambar berupa digital sehingga dokter lebih mudah untuk mengatur kontras warna pada hasil rontgen dan pengidentifikasian penyakit atau gangguan yang dialami pasien lebih mudah ditemukan.

Jangan ragu untuk lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami gangguan pada kesehatan mulut maupun gigi kamu. Pemeriksaan lebih dini nyatanya dapat menghindari kamu dari berbagai gangguan yang lebih parah.

Mengapa Rontgen Panoramic Perlu Dilakukan?

Tidak hanya untuk mempersiapkan diri ketika melakukan implan gigi, rontgen panoramic perlu dilakukan ketika kamu melakukan beberapa tindakan yang berhubungan dengan kesehatan mulut dan gigi, seperti:

  1. Mencari penyebab dari permasalah kesehatan mulut maupun gigi yang dialami. Misalnya ketika kamu mengalami pembusukan gigi, kerusakan tulang pada area mulut serta mengalami cedera pada bagian gigi. Dengan melakukan rontgen panoramic kamu lebih cepat mengetahui permasalahan yang terjadi. Untuk itu, pengobatan juga lebih cepat dilakukan.

  2. Ketika kamu melakukan terapi pada gigi akibat susun gigi yang tidak rapi, kamu juga memerlukan rontgen panoramic untuk mengetahui kondisi susunan gigi. 

Baca juga: Ibu Hamil Dapatkah Lakukan Pemeriksaan Panoramic

Perhatikan beberapa kondisi ketika kamu melakukan rontgen panoramic, salah satunya saat menjalani masa kehamilan. Meskipun paparan sinar X hanya mencitrakan area mulut saja, namun kondisi ini dilakukan untuk menghindari janin pada kandungan terkena paparan radiasi yang dapat mengganggu kesehatan janin.

Referensi:
Radiology Info. Diakses pada 2019. Panoramic Dental X Ray
Smile Hilliard. Diakses pada 2019. Why You Need A Panoramic X Ray