• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Prosopagnosia, Kesulitan Mengenali Wajah Orang
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Prosopagnosia, Kesulitan Mengenali Wajah Orang

Ketahui Prosopagnosia, Kesulitan Mengenali Wajah Orang

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Juli 2022

“Mengingat wajah seseorang membuat kamu menjadi lebih mudah untuk membedakan orang satu dengan lainnya. Namun, ada kondisi prosopagnosia, kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk mengenali wajah orang lain.”

Ketahui Prosopagnosia, Kesulitan Mengenali Wajah Orang

Halodoc, Jakarta – Ketika kamu bertemu dan berkenalan dengan seseorang, pasti kamu akan memperhatikan wajah orang tersebut. Ini menjadi hal yang penting, sehingga kamu bisa membedakan orang satu dengan orang lain yang kamu temui selanjutnya. Namun, ternyata ada suatu kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk mengenali, bahkan mengingat wajah orang lain.

Kondisi ini dikenal dengan prosopagnosia atau face blindness. ini adalah suatu kelainan yang terjadi karena adanya masalah pada sistem saraf. Kondisi ini menyebabkan pengidapnya mengalami kesulitan untuk mengingat dan mengenali wajah seseorang. Menariknya, kelainan ini juga dapat membuat seseorang tidak mampu mengingat wajah diri sendiri. Kelainan ini juga tetap terjadi meski pengidap bertemu orang yang sama setiap hari. 

Mengenali Jenis Prosopagnosia Berdasarkan Penyebabnya

Prosopagnosia menjadi kelainan yang dapat terjadi pada setiap orang, tetapi tingkat keparahannya berbeda pada setiap pengidap. Kondisi paling buruk dari kelainan ini dapat membuat pengidapnya tidak bisa mengingat dan mengenali wajah orang lain sama sekali, meski kerap bertemu. 

Sayangnya, masih belum ditemukan obat atau terapi yang bisa membantu mengobati kelainan ini. Meski demikian, ada metode yang dapat dilakukan untuk membantu pengidap mengenali wajah orang lain lebih mudah. Caranya bisa dengan mengenali gaya berjalan, tinggi badan, gaya rambut, gaya bicara, atau berbagai ciri fisik lainnya. 

Berdasarkan kondisi yang menjadi penyebabnya, prosopagnosia atau face blindness terbagi menjadi dua jenis, yaitu acquired prosopagnosia dan developmental prosopagnosia. Acquired prosopagnosia muncul disebabkan karena kondisi yang mengakibatkan trauma pada otak, seseorang mengalami stroke atau kecelakaan. 

Jenis prosopagnosia ini akan langsung menyadari bahwa dirinya mengalami kesulitan mengenali atau mengingat wajah orang lain. Pasalnya, hal ini memunculkan perbedaan terhadap kemampuan otak dalam mengingat dan mengenali wajah, sebelum pengidap mengalami trauma pada otak dan setelahnya. 

Kelainan saraf ini terjadi karena kerusakan otak bagian gyrus fusiformis yang berperan mengatur ingatan untuk mengenali dan mengingat wajah seseorang. Inilah mengapa, ketika kelainan ini terjadi, seseorang akan mengalami kelainan dalam mengingat, tetapi hanya mengingat wajah orang lain. 

Sedangkan developmental prosopagnosia menjadi jenis prosopagnosia yang terjadi tanpa diikuti dengan kondisi trauma pada otak. Jenis prosopagnosia ini menjadi cacat lahir, sehingga pengidapnya akan mengalami kesulitan mengingat dan mengenali wajah orang lain sejak lahir.

Prosopagnosia jenis ini membuat pengidapnya tidak menyadari sedang mengalami kelainan tersebut, dan kerap dihubungkan dengan kecacatan genetik yang diturunkan dalam keluarga. 

Perlu diketahui bahwa prosopagnosia atau face blindness bukan hilang ingatan, melainkan hanya kesulitan yang dialami pengidap untuk mengingat wajah orang lain. Meski begitu, pengidap tetap memiliki ingatan yang baik yang berhubungan dengan peristiwa atau pengalaman yang pernah didapatkan dengan orang tersebut. 

Jadi, pastikan kamu dan pasangan menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala sebelum melakukan program kehamilan. Konsumsi vitamin apabila memang dibutuhkan, cek kebutuhan obat dan vitamin kamu di Toko Kesehatan di aplikasi Halodoc. Kamu bisa download aplikasi Halodoc di App Store dan Play Store secara gratis. 

Referensi:
NHS. Diakses pada 2022. Prosopagnosia (face blindness).
Healthline. Diakses pada 2022. face blindness.
Health. Diakses pada 2022. What Is Face Blindness? Mask Use Might Be Making It Harder for You to Recognize People.
CNN. Diakses pada 2022. Sulit Kenali Wajah Orang, Hati-hati Prosopagnosia seperti Brad Pitt.