Keuangan Tidak Lancar Bisa Ganggu Kesehatan Mental?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Keuangan Tidak Lancar Bisa Ganggu Kesehatan Mental?

Halodoc, Jakarta – Uang menjadi salah satu hal yang cukup penting dalam kehidupan. Meskipun uang bukan segalanya, namun ketika seseorang tidak memiliki cukup uang untuk menjalani kehidupan maka membuat seseorang rentan mengalami masalah kehidupan.

Baca juga: 4 Gangguan Mental yang Terjadi Tanpa Disadari

Untuk itu, wajar rasanya ketika seseorang khawatir saat memiliki kondisi keuangan yang tidak lancar. Sebaiknya atasi rasa khawatir yang muncul ketika keuangan tidak lancar agar kondisi ini tidak berkembang menjadi parah dan berubah menjadi gangguan mental.

Apa itu Gangguan Mental?

Gangguan mental menjadi kondisi ketika seseorang alami penyakit yang mengganggu emosi, jiwa, pola pikir, dan perilaku pengidapnya. Gejala yang menjadi tanda dari gangguan mental juga beragam dan berbeda sesuai dengan jenis gangguan yang dialami.

Seseorang dikatakan alami gangguan mental ketika mengalami beberapa gejala umum, seperti perubahan suasana hati yang begitu cepat, rasa sedih yang terjadi selama berhari-hari, perasaan cemas atau khawatir yang berlebihan, mengalami gangguan makan, gangguan pola tidur, marah yang berlebihan hingga melakukan kekerasan dan perilaku yang tidak wajar misalnya teriak-teriak atau menangis tanpa sebab yang jelas. 

Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami beberapa gejala yang menjadi tanda dari kondisi gangguan mental. Apalagi jika kamu kehilangan nafsu makan yang disertai penurunan badan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang alami gangguan mental, misalnya faktor biologis dan faktor psikologis seseorang. Adanya gangguan pada fungsi sel saraf otak, infeksi, kelainan bawaan, cedera otak, kekurangan nutrisi dan faktor keluarga menjadi beberapa faktor biologis yang sebabkan seseorang mengalami gangguan mental.

Peristiwa traumatik, kehilangan orangtua, kurang mampu bersosialisasi, perasaan rendah diri dan masalah keuangan yang dialami seseorang bisa menjadi faktor psikologis yang menyebabkan seseorang alami gangguan mental.

Baca juga: 4 Gangguan Mental yang Rentan Dialami Mahasiswa

Uang Dapat Sebabkan Seseorang Alami Gangguan Mental!

Menurut Brad Klontz, psikolog yang juga menjadi pendiri Financial Psychology Institute mengungkapkan bahwa gangguan mental yang disebabkan oleh uang menjadi pola kronis dari perilaku finansial yang bisa merusak diri sendiri. Uang dan kesehatan mental menjadi beberapa hal yang berkaitan secara langsung. Seseorang yang memiliki kesehatan mental yang buruk akan kesulitan untuk mengatur keuangan. Begitu sebaliknya, terlalu mengkhawatirkan masalah keuangan menyebabkan kesehatan mental kamu memburuk.

Ada beberapa gangguan mental yang disebabkan oleh masalah keuangan, seperti depresi dan gangguan kecemasan. Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah gangguan mental yang disebabkan uang, seperti:

1. Mengerti Kebiasaan

Mengerti kebiasaan yang dijalani setiap harinya dalam mengelola dan menggunakan keuangan bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari gangguan mental. Hindari pengeluaran yang tidak perlu dan mengerti kondisi keuangan yang kamu miliki.

2. Bicarakan dengan Orang Terdekat

Jika kamu alami masalah keuangan, bicarakan pada orang terdekat agar kamu dapat mengatasi masalah keuangan dengan segera. Jika kamu membutuhkan ahli keuangan untuk mengatasi permasalah keuangan yang kamu hadapi jangan ragu untuk lakukan.

3. Atur Keuangan

Jangan ragu untuk mengatur keuangan dengan membuat budget keuangan setiap bulannya. Membuat budget keuangan setiap bulannya membantu kamu menurunkan pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Baca juga: 10 Tanda Kalau Kondisi Psikologis Sedang Terganggu

Tidak ada salahnya menjaga kesehatan mental dengan mengonsumsi makanan bergizi dan rutin lakukan olahraga. Tidak perlu melakukan olahraga dengan budget yang cukup tinggi, kamu bisa lakukan olahraga jalan santai atau lari untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kamu.

Referensi:
Mind. Diakses pada 2019. Money and Mental Health.
New York Times. Diakses pada 2019. How To Treat a Money Disorder.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Mental Illness