Tips Makan yang Baik untuk Cegah Masalah Pencernaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
tips-makan-yang-baik-untuk-cegah-masalah-pencernaan-halodoc

Halodoc, Jakarta - Aktivitas makan bukan hanya ritual rutin untuk menghilangkan rasa lapar. Namun, makan juga harus dilakukan dengan benar agar mencegah masalah pencernaan dan memberikan energi yang cukup setiap harinya. Bagaimana cara makan yang baik untuk tubuh?

Mulailah dengan memilih makanan dan minuman yang sehat agar memenuhi kebutuhan asupan nutrisi harian kamu. Setelah itu, ubah kebiasaan makan yang buruk menjadi lebih baik agar terhindar dari masalah pencernaan. Lebih lanjutnya, kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut!

  1. Pilih Makanan Sehat

Pertama pilihlah makanan dan minuman yang sehat. Menu makan sehat berdampak besar untuk kelancaran sistem pencernaan. Penuhi asupan makanan dengan empat sehat lima sempurna. Makanan empat sehat terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur-sayuran, dan buah-buahan, yang disempurnakan dengan nutrisi kelima yaitu susu. Menu makan yang lengkap ini akan memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Baca juga: Ini 4 Manfaat Pepaya untuk Pencernaan

Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dengan mengonsumsi serealia utuh sebagai pengganti nasi. Serealia utuh seperti kinoa, gandum, dan oat cenderung lebih sehat karena mengandung serat dan nutrisi yang lebih tinggi. Setelah itu, tambahkan lauk pauk yang kaya protein seperti daging sapi, ayam, ikan, telur, tahu, dan tempe. Sebisa mungkin pilih protein tanpa lemak atau kadar lemak jenuhnya rendah.

Jangan lupa sertakan satu atau dua saji sayur dalam setiap kali makan. Pilihlah sayur kesukaanmu, baik itu dikukus, ditumis, atau direbus. Jika tidak sempat makan sayur, cukupi vitamin dan serat dengan mengkonsumsi buah-buahan segar seperti apel, pisang, atau anggur yang mudah dibawa dan dimakan di mana saja. Terakhir, sempurnakan menu makan sehat kamu dengan secangkir susu atau produk olahannya seperti keju dan yoghurt.

  1. Atur Waktu Makan

Biasakan makan teratur dengan interval waktu yang sama setiap harinya. Misalnya sarapan pagi, makan siang, dan makan malam. Kamu juga bisa menyelipkan sedikit kudapan di antara ketiga waktu makan tersebut. Jangan lewatkan waktu makan atau menggabungkannya karena hanya akan membuatmu makan lebih banyak untuk mengganti kebutuhan asupan dari waktu makan yang terlewat. Waktu makan yang teratur akan memberikan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

Kenali juga rasa laparmu untuk mencegah makan berlebihan. Ketika kamu sering sekali merasa lapar, tanyakan pada diri apakah kamu sudah benar-benar lapar atau sebenarnya terpicu oleh hal lain seperti bosan, lelah, atau sedang banyak pikiran. Kamu juga dianjurkan untuk berpuasa dan menikmati makan malam lebih awal, setidaknya beberapa jam sebelum waktu tidur untuk memberikan sistem pencernaan waktu beristirahat hingga waktu makan berikutnya.

Baca juga: Ini Pola Makan Vegetarian yang Sehat

  1. Kunyah Makanan dengan Sempurna

Mengunyah makanan dengan benar memiliki manfaat yang sangat besar. Sekurang-kurangnya kamu harus mengunyah sebanyak 32 kali atau sampai tekstur makanan terasa lembut di dalam mulut. Mengunyah makanan dengan benar akan memecah makanan ke dalam partikel kecil yang bisa mudah ditelan dan dicerna. Hal ini dapat mengurangi beban kerja sistem pencernaan dalam perut dan membuatnya lebih sehat.

Dengan mengunyah makan hingga lembut, kamu pun bisa lebih menikmati makanan, menurunkan risiko tersedak, menjaga kesehatan gigi dan mulut, bahkan menurunkan berat badan. Jadi, cobalah lebih sabar, kunyah secara perlahan hingga lembut, baru menelannya.

  1. Beri Perhatian pada Makanan

Setiap suap nasi adalah pemberian yang harus disyukuri. Per butirnya diproses melalui perjalanan panjang dari tangan petani hingga tersaji di atas piring. Maka dari itu, berilah perhatian penuh pada setiap makanan yang kamu konsumsi. Jauhkan hal-hal yang dapat mengganggu waktu makanmu seperti pekerjaan, televisi, atau telepon genggam. Nikmati setiap suapnya dan kunyah dengan perlahan.

Mungkin kamu membutuhkan waktu lebih lama, sekitar 20 menitan, untuk menghabiskan satu porsi makanan. Namun, kamu akan mendapatkan waktu makan yang lebih berkualitas dan mencegah masalah pencernaan.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat lainnya? Tanyakan aja langsung ke dokter di Halodoc. Caranya mudah kok, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store dan pilih mau mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat dengan dokternya.

Referensi:
HelpGuide. Diakses pada 2019. Healthy Eating